Pengertian Novel Menurut Para Ahli Dan Unsur Unsurnya

Pengertian Novel Menurut Para Ahli Dan Unsur Unsurnya

Pengertian Novel Menurut Para Ahli Dan Unsur Unsurnya – Novel merupakan suatu bentuk dari karya sastra yang berbentuk prosa dan memiliki dua unsur didalamnya, yakni unsur intrinsik dan ekstrinsik. Novel ialah kisah atau cerita fiksi dalam bentuk tulisan atau kata-kata serta memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik. Sebuah novel biasanya menceritakan tentang kehidupan manusia dalam berinteraksi dengan lingkungan serta juga sesamanya.

Banyak sastrawan yang memberikan batasan atau definisi dari novel, definisi yang mereka utarakan berbeda satu sama lainnya. Dan berikut ini merupakan beberapa definisi dari para ahli dibidangnya, yaitu:

Pengertian Novel Menurut Para Ahli Dan Unsur Unsurnya
Pengertian Novel Menurut Para Ahli Dan Unsur Unsurnya

1. Menurut Drs. Jakob Sumardjo, novel merupakan bentuk sastra terpopuler di dunia. Bentuk sastra ini merupakan yang paling banyak dicetak dan paling banyak beredar, lantaran daya komunitasnya yang begitu luas di masyarakat.

2. Menurut Dr. Nurhadi, Dr. Dawud, Dra. Yuni Pratiwi, M. Pd, dan Dra. Abdul Roni, M. Pd. Novel merupakan karya sastra yang isinya terdapat nilai-nilai budaya, sosial, moral, serta pendidikan.

3. Menurut Drs. Rostamaji, M. Pd dan Agus Priantoro, S.Pd. Novel merupakan karya sastra yang memiliki dua unsur, yakni: unsur intrinsik dan ekstrinsik yang mana keduanya saling berhubungan karena sangat berpengaruh dalam kehadiran sebuah karya sastra.

4. Menurut Pulus Tulkan, S.Pd. Novel merupakan karya sastra yang berbentuk prosa yang memiliki unsur-unsur intrinsik.

Unsur intrinsik dan ekstrinsik Novel

-Unsur Intrinsik

1. Tema
Merupakan pokok dari permasalahan yang terdapat pada sebuah cerita novel yang dibuat.

2. Penokohan
Merupakan pemberian watak atau disebut karakter pada pelaku yang ada pada sebuah cerita. Para pelaku atau tokoh dapat diketahui daro karakternya dari ciri fisik, bertindak, maupun lingkungan tempat tinggal.

BACA JUGA :   Ciri Dan Jenis Jenis Novel Beserta Contohnya Lengkap

3. Alur
Merupakan rangkaian peristiwa yang membentuk jalannya suatu cerita novel. Alur dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu: Alur maju atau progresif yaitu jika peristiwa tersebut bergerak secara bertahap dengan berdasarkan urutan dari kronologis menuju alur cerita, dan sedangkan alur mundur atau flashback progresif, yaitu: terjadi karena ada kaitannya dengan peristiwa yang sedang berlangsung.

4. Gaya Bahasa
Merupakan alat utama pengarang dalam menggambarkan atau melukiskan serta menghidupkan cerita secara estetika. Jenis dari gaya bahasa ialah sebagai berikut:

  • Personifikasi, ialah suatu gaya bahasa yang menggambarkan atau mendeskripsikan macam-macam benda mati yaitu dengan cara memberikan berbagai macam sifat seperti manusia.
  • Simile atau perumpamaan, ialah suatu gaya bahasa yang menggambarkan sesuatu dengan perumpamaan atau pengibaratan.
    Hiperbola, ialah suatu gaya bahasa yang menggambarkan sesuatu dengan cara berlebihan dengan tujuan memberikan efek yang berlebihan pula.

5. Latar / Setting
Latar merupakan penggambaran akan terjadinya peristiwa dalam sebuah cerita yang meliputi waktu, tempat, sosial budaya, dan juga keadaan lingkungan.

6. Sudut Pandang
Dapat disimpulkan bahwa sudut pandang ialah penempatan diri pengarang dan juga cara pengarang dalam melihat berbagai macam kejadian dalam cerita yang diceritakan atau dipaparkannya.

7. Amanat
Amanat merupakan pesan yang disampaikan dan terdapat pada cerita dalam novel.

-Unsur Ekstrinsik

merupakan suatu unsur yang membangun karya sastra, yang berasal dari luar. diantaranya sbb:

  1. Kapankah karya sastra itu dibuat.
  2. Latar belakang kehidupan si pengarang.
  3. Latar belakang sosial pengarang.
  4. Biografi Pengaran.
  5. Sejarah dan lian-lain.

Itulah ulasan singkat dari Pengertian Novel Menurut para ahli beserta unsur-unsurnya, semoga dapat membantu dan menambah wawasan kita.

BACA JUGA :   Cara Membacakan Naskah Pidato Yang Baik Dan Benar

You May Also Like

About the Author: admin