Pengertian Individu, Populasi, Dan Komunitas Pada Ekosistem

Pengertian Individu, Populasi, Dan Komunitas Pada Ekosistem

Pengertian Individu Populasi Dan Komunitas Pada Ekosistem – Pada kesempatan ini Seputar Pendidikan akan mengulas seputar Pengertian individu, populasi, dan komunitas pada ekosistem, dan ekosistem sendiri merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk dari hubungan timbal balik yang tidak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Antara komunitas dengan lingkunganya saling berinteraksi yang dapat menciptakan kesatuan ekologi yang disebut dengan Ekosistem. Dan komponen penyusunnya ialah Produsen atau tumbuhan hijau, Konsumen atau herbivora dan karnivora serta omnivora, dan dekomposer atau pengurai (mikroorganisme).

Pengertian Individu

Individu Merupakan organisme tunggal, yaitu seperti seekor tikus, sebatang pohon atau seorang manusia.

Pengertian Individu, Populasi, Dan Komunitas Pada Ekosistem
Pengertian Individu, Populasi, Dan Komunitas Pada Ekosistem

Pengertian populasi

Populasi merupakan sekelompok atau kumpulan individu yang sejenis dan hidup di suatu tempat atau daerah dengan waktu tertentu, yakni seperti suatu populasi pada ikan yaitu mereka tinggal di dalam satu kolam yang terdapat ikan yang sejenis. Adapula populasi pohon kelapa di Tanjung Seneng, Bandar Lampung berjumlah sekitar 1200 Pohon.

Ukuran dari populasi dapat berubah sewaktu-waktu. Perubahan ini dinamakan dinamika populasi. Dan perubahan ini dapat dihitung dengan rumus “perubahan jumlah dibagi waktu dan menghasilkan kecepatan perubahan dalam populasi”. Contoh pada tahun 1980 populasi pinus di Rawa Mangun ada sekitar 700 pohon. Selanjutnya pada tahun 1990 dihitung kembali berjumlah sekitar 500 batang pohon. Dan faktanya dalam kurun waktu 10 tahun terjadi pengurangan sekitar 200 pohon. Untuk mengetahui kecepatan perubahan dari 10 tahun tersebut dengan membagi jumlah pohon yang berkurang dengan lamanya waktu perubahan terjadi.

Pengertian Komunitas

Komunitas merupakan kumpulan berbagai populasi yang hidup disuatu daerah atau tempat tertentu yang saling berinteraksi satu dengan lainnya. Komunitas lebih kompleks apabila dibandingkan dengan individu dan populasi. Semua organisasi merupakan bagian dari komunitas dan dari komponennya saling terhubung dengan keragaman interaksinya. Contoh dari komunitas ialah populasi ganggang, ikan dan hewan disekitarnya yang membentuk suatu komunitas terumbu karang

BACA JUGA :   Pengertian, Klasifikasi, dan Manfaat Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)

Itulah ulasan seputar Pengertian individu, populasi, dan komunitas pada ekosistem, semoga dapat menambah pengetahuan kita.

You May Also Like

About the Author: admin