10 Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

10 Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

10 Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli – Istilah strategi banyak dipergunakan dalam dunia kemiliteran yang juga diartikan sebagai cara penggunaan semua kekuatan militer untuk memenangkan peperangan.

Namun dalam dunia pendidikan, strategi dapat diartikan sebagai a plan, method, or series of activities designed to achieves a particular education goal. Jadi strategi pembelajaran sebagai sebuah perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

10 Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli
10 Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

Dan Untuk lebih jelasnya kami telah merangkum beberapa pengertian strategi pembelajaran menurut para ahli, silahkan simak ulasan berikut ini:

1. Alim Sumarno, menurutnya strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dipilih oleh pembelajar atau instruktur dalam proses pembelajaran yang bisa memberikan kemudahan fasilitas kepada pebelajar menuju kepada tercapainya tujuan pembelajaran tertentu yang telah ditetapkan.

2. Syaiful Bahri dan Aswan Zain, mendefinisikan bahwa Strategi pembelajaran merupakan sebagai pola-pola umum dalam kegiatan peserta didik untuk mewujudkan kegiatan belajar agar dapat mencapai tujuan yang telah digariskan.

3. A.J. Romiszowski, beliau berpendapat bahwa strategi pembelajaran merupakan suatu pandangan umum tentang rangkaian tindakan yang diadaptasi dari perintah-perintah terpilih dalam metode pembelajaran.

4. Sadiman, dkk dalam bukunya Warsita, Strategi pembelajaran merupakan usaha-usaha yang terencana dalam memanipulasi sumber-sumber belajar agar terjadi proses belajar dalam diri peserta didik.

5. Kozma dalam Gofur, menjelaskan Strategi pembelajaran dapat juga diartikan sebagai yang dipilih, yakni yang bisa memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu.

6. Dick dan Carey, menjelaskan strategi Pembelajaran merupakan komponen-komponen umum dari suatu set materi & prosedur pembelajaran yang akan dipergunakan bersama-sama materi tersebut.

BACA JUGA :   5 Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli

7. Kemp Mengemukakan bahwa strategi pembelajaran itu merupakan kegiatan dalam pembelajaran yang harus dikerjakan guru & siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif & efisien.

8. Raka Joni, strategi merupakan pola umum perbuatan guru siswa didalam perwujudan kegiatan belajar-mengajar yang menunjuk kepada karakteristik abstrak dari pada rentetan perbuatan guru-siswa tersebut.

9. J. R David, yaitu Dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan. Strategi pembelajaran juga dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

10. Miarso dalam Bukunya Warsita Strategi pembelajaran merupakan kondisi yang di ciptakan oleh guru dengan sengaja agar peserta didiknya difasilitasi dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

Itulah sekilas pengertian tentang strategi pembelajaran, semoga artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bermanfaat lainnya.

You May Also Like

About the Author: admin