Pengertian Asam Askorbat dan Rumus Kimia Asam Askorbat

Pengertian Asam Askorbat dan Rumus Kimia Asam Askorbat

Posted on

Pengertian Asam Askorbat dan Rumus Kimia Asam Askorbat – Kesempatan kali ini kita masuk dalam pembahasan Asam Askorbat. Tentu kita penasaran apa itu Asam Askorbat, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Asam Askorbat dan Rumus Kimia Asam Askorbat

Pengertian & Rumus Asam Askorbat

Asam askorbat merupakan senyawakimia yang sering di sebut vitamin C, selain asam dehidoaskorbat. Senyawa ini berbentuk sebuk kristal kuning keputihan yang akan larut dalam air dan mempunyai sifat anti oksidan. Askorbat berasal dari akar kata a- yang atau tanpa dan scorbutus atau skurvi, merupakan penyakit yang disebabkan oleh defisiensi vitamin C. Pada 1937, Walter Haworth meraih hadiah nobel dalam bdang kimia karena hasil kerjanya dalam menentukan struktur kimia asam askorbat. Saat di temukan pada 1020-an, asam askorbat di sebut asam heksuronat oleh beberapa peneliti.

Senyawa ini bersifat asam di alam dan dan akan larut dengan baik di dalam air untuk memberikan larutan agak masam. Ini merupakan senyawa kimia organik dengan fungsi polihidroksi yang akan memberikan sifat antioksidan. KArenanya senyawa ini di gunakan sebagai bahan aditif antioksidan pada makanan.

Senyawa ini ialah antioksidan yang menakjubkan yang dapat melindungi sel dari stres akstraseluler, dengan meningkatkan proliferasi sel endotelial, melakukan stimulasi sintetis kolagen tipe IV, melakukan degradasi oksidasi LDL, elakukan penghambatan aterosklerosis serta stres intraselular dengan memelihara kadar a-tocopherol pada eritrosit dan neuron serta melindungi hepatosit dari stres oksidatif karena paparan alkohol alil. Sifat ini berasal dari gugus hidroksil dari nomor C 2 dan 3 yang mendonoran ion H+ bersama dengan elektronnya menuju ke berbagai senyawa oksidan seperti radikal bebas dengan gugu nitrogen atau oksigen, superoksida dan peroksida. Walau demikian di dalam sitoplasma dengan konsntrasi Fe yang tinggi maka asam askorbat dapat bersifat pro-oksidan karena reaksi redoks Fe3+ menjadi Fe2+ yang akan mencetuskan senyawa superoksida dan akhirnya akan menjadi radikal bebas dengan gugus hidroksil yang sangat reaktif. Penyem[itan pembuluh darah yang biasanya di sebabkan oleh turunnya sekresi NO oleh sel endotelial juga dapat di redam denganasam askorbat dengan meningkatkan sekresi NO oleh sel endotelial melewati lintasan NO sintase atau siklase guanilat, mereduksi nitrita menjadi NO dan melakukan penghambatan oksidasi LDL.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Asam Askorbat dan Rumus Kimia Asam Askorbat, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...