Pengertian Asam Laktat dan Rumus Kimia Asam Laktat

Pengertian Asam Laktat dan Rumus Kimia Asam Laktat

Pengertian Asam Laktat dan Rumus Kimia Asam Laktat – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas Asam laktat. dan untuk lebih jelasnya kami akan memberikan ulasan singkatnya berikut ini :

Pengertian Asam Laktat dan Rumus Kimia Asam Laktat

Pengertian Asam Laktat

Asam laktat merupakan asam karboksilat. Asam laktat sendiri pertama kali diisolasi dan diidentifikasi oleh seorang ahli kimia asal Swedia, yaitu Carl Wilhelm Scheele pada tahun 1780. Hal ini juga dikenal sebagai asam susu karena Asam ini dihasilkan dari susu.

Rumus Kimia Asam Laktat

Asam laktat sendiri memiliki rumus kimia C3H6O3 (CH3-CHOH-COOH). Ini memiliki struktur sebagai berikut. Ada gugus hidroksil terikat pada atom karbon berikutnya setelah gugus karboksil. Oleh karena itu, asam laktat ialah asam alpha hidroksi.

Atom karbon dimana gugus hidroksil terpasang ialah kiral. Oleh karena itu, asam laktat memiliki 2 (dua) isomer optik. Mereka adalah L – (+) – asam laktat atau (S) -Asam laktat, dan yang lainnya ialah bayangannya D – (-) – asam laktat atau (R) -Asam laktat.

Karena mempunyai gugus hidroksil dan gugus karboksilat dalam molekul yang sama dan dekat mereka, ikatan hidrogen intra-molekul ini dapat dilihat pada asam laktat. Hal ini membuat asam laktat donor proton yang baik (daripada asam asetat). Yang dengan kata lain, karena ikatan hidrogen intra-molekul, gugus karboksilat tidak akan mampu untuk menarik proton yang kuat; sehingga cenderung untuk menghapus dengan mudah.

Massa molar asam laktat ialah 90,08 g mol-1. Karena itu adalah molekul organik kecil dengan gugus polar, itu larut dengan air & hidroskopis. Hal ini larut dengan etanol juga. Asam laktat sendiri diproduksi di bawah kondisi anaerob pada hewan. Proses ini dikenal dengan fermentasi. Hal ini dihasilkan dari piruvat melalui dehidrogenase enzim laktat.

BACA JUGA :   Rumus Kimia Natrium Benzoat

Dan biasanya, fermentasi tidak terjadi dalam sel, tetapi selama olahraga asam laktat bisa diproduksi dalam jumlah besar. Asam laktat juga bisa diproduksi dari bakteri asam laktat. Ini ialah bagaimana itu diproduksi industri. Asam laktat digunakan dalam industri farmasi untuk makanan dan deterjen.

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang Pengertian Asam Laktat dan Rumus Kimia Asam Laktat, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka