Pengertian, Fungsi, Dan Tujuan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Beserta Contohnya

Pengertian, Fungsi, Dan Tujuan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Beserta Contohnya

Pengertian, Fungsi, Dan Tujuan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Beserta Contohnya – Sistem Informasi Manajemen disingkat SIM merupakan sistem informasi yang digunakan oleh suatu organisasi untuk mengelola semua transaksi yang mendukung fungsi manajemen, dan dapat berguna dalam pengambilan keputusan. Sistem informasi manajemen ialah sistem informasi yang menghasilkan Output dengan masukan suatu Input dan berbagai proses lainnya yang mana hasilnya dibutuhkan untuk tujuan tertentu dalam kegiatan manajemen.

Pengertian, Fungsi, Dan Tujuan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Beserta Contohnya

Hasil dari SIM pada umumnya selalu menjadi pertimbangan dalam mengambil suatu keputusan dalam suatu organisasi. Dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen ini, berbagai macam pekerjaan yang ada berhubungan dengan analisis manajemen akan bisa diselesaikan dengan cepat. Sistem Informasi Manajemen juga bisa berjalan secara baik jika didukung dengan teknologi yang canggih, sumber daya manusia yang berkualitas & komitmen organisasi. Sistem Informasi Manajemen sendiri sangat bermanfaat untuk mendukung fungsi manajemen, operasional serta dalam pengambilan suatu keputusan.

Kegiatan SIM juga dapat mendukung proses bisnis pada suatu perusahaan & sangat penting untuk kelangsungan perusahaan. Jadi perusahaan harus memiliki suatu komitmen untuk menjalankan Sistem Informasi Manajemen, Agar berbagai proses pada perusahaan termasuk juga proses produksi dapat berjalan dengan baik dan tentunya mampu memberikan keuntungan juga.

Agar informasi yang dihasilkan oleh Sistem Informasi Manajemen ini dapat berguna bagi manajemen, maka analisis sistem haruslah mengetahui berbagai macam kebutuhan informasi yang dibutuhkannya, misalnya yaitu dengan mengetahui berbagai suatu kegiatan pada masing-masing tingkatan manajemen dalam organisasi serta tipe keputusan yang dapat diambil untuk menyelesaikan permasalahan. Bisa juga dikatakan bahwa dibentuknya sistem informasi manajemen atau SIM pada suatu perusahaan yaitu agar manajemen bisa memiliki berbagai informasi bermanfaat yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

BACA JUGA :   Pengertian Newsgroup

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Fungsi utama diterapkannya sistem infomasi manajemen pada suatu organisasi yaitu sebagai berikut:

  1. Mempermudah pihak manajemen untuk dapat melakukan suatu perencanaan, pengawasan, pengarahan serta pendelegasian kerja kepada semua departemen yang memiliki hubungan komando atau koordinasi dengannya.
  2. Untuk meningkatkan sebuah efisiensi & efektifitas data yang tersaji akurat serta tepat waktu.
  3. Untuk meningkatkan suatu produktifitas & penghematan biaya dalam suatu organisasi.
  4. Untuk meningkatkan kualitas SDA (Sumber Daya Manusia) karena unit sistem kerja yang terkoordinir & sistematis.

Tujuan Sistem Informasi Manajemen

  • Untuk menyediakan suatu informasi dalam pengambilan suatu keputusan.
  • Untuk menyediakan suatu informasi yang dipergunakan di dalam suatu perencanaan, pengendalian, pengevaluasian serta juga perbaikan berkelanjutan.
  • Untuk menyediakan suatu informasi yang dipergunakan di dalam suatu perhitungan harga pokok produk, jasa serta tujuan lainnya yang diinginkan oleh manajemen.

Dari Ketiga tujuan diatas menunjukkan bahwa manajer dana pengguna lainnya, perlu memiliki akses menuju informasi akuntansi manajemen serta juga mengetahui bagaimana cara untuk dapat menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen tersebut bisa membantu mereka dalam mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan suatu masalah serta mengevaluasi kinerja yang sudah dilakukan.

Contoh Sistem Informasi Manajemen

Berikut ini Beberapa contoh kongkrit penerapan sistem informasi manajemen, yaitu sebagai berikut:

1. Enterprise Resource Planning (ERP)
Sistem ERP ini biasanya digunakan oleh beberapa perusahaan besar dalam mengelola manajemen & melakukan suatu pengawasan yang saling terintegrasi terhadap unit bidang kerja Keuangan, Accounting, Sumber Daya Manusia, Pemasaran, Operasional, serta Pengelolaan Persediaan.

2. Supply Chain Management (SCM)
Sistem SCM ini sangat bermanfaat bagi pihak manajemen dimana data yang disajikan terintegrasi mengenai manajemen suplai bahan baku, mulai dari pemasok, produsen, pengecer sampai konsumen akhir.

BACA JUGA :   Pengertian, Ciri, Macam Dan Contoh Pasar Input

3. Transaction Processing System (TPS)
TPS ini sendiri berguna untuk suatu proses data dalam jumlah yang besar dengan transaksi bisnis yang rutin. Program ini sendiri biasa diaplikasikan untuk manajemen gaji dan inventaris. Contohnya yaitu pada aplikasi yang digunakan untuk Bantuan Keuangan Desa Pemprov Jawa Tengah.

4. Office Automation System (OAS)
Sistem aplikasi ini sendiri berguna untuk melancarkan sebuah komunikasi antar departemen dalam suatu perusahaan dengan cara mengintegrasikan server-server komputer pada setiap pengguna (user) di perusahaan. Contohnya yaitu e-mail.

5. Knowledge Work System (KWS)
Sistem informasi ini mengintegrasikan satu pengetahuan baru ke dalam organisasi. Dengan ini, diharapkan para tenaga ahli dapat menerapkannya dalam pekerjaan mereka.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Fungsi, Dan Tujuan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Beserta Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka