Rumus Kimia Minyak Goreng

Rumus Kimia Minyak Goreng

Posted on

Rumus Kimia Minyak Goreng – Kesempatan yang baik ini kita akan membahas tentang Rumus Kimia Minyak Goreng. Minyak goreng tentunya tidak asing lagi bagi kita, karena sering dipakai dalam memasak tentunya sering pamiliar dengan masakan yang digoreng. Namun siapa sangka Minyak Goreng memiliki rumus kimia. Jika penasaran silahkan simak ulasannya berikut ini :

Rumus Kimia Minyak Goreng

Minyak Goreng

Minyak goreng merupakan minyak atau lemak yang berasal dari proses pemurnian bagian tumbuhan, hewan, atau juga dapat dibuat secara sintetik yang dimurnikan dan biasanya digunakan dalam menggoreng makanan. Minyak goreng pada umumnya berbentuk cair dalam suhu kamar. Minyak goreng juga kebanyakan diperoleh dari tumbuhan, seperti kelapa, seralia, jagung, kedelai, kacang-kacangan, dan kanola.

Rumus Kimia Minyak Goreng

Untuk rumus kimia minyak goreng sangatlah berkaitan dengan penyusunnya atau kandungannya. Minyak sendiri berwujud cair karena mengandung asam lemak tak jenuh, seperti asam oleat  (C17H33COOH), asam linoleat (C17H31COOH), serta asam linolenat (C17H29COOH).

Minyak goreng pada umumnya berasal dari minyak kelapa sawit. Minyak kelapa sendiri dapat digunakan untuk menggoreng karena struktur dari minyaknya yang memiliki ikatan rangkap sehingga minyaknya termasuk lemak tak jenuh yang sifatnya stabil. Selain itu pada minyak kelapa terdapat asam lemak esensial yang tidak bisa disintesis oleh tubuh. Asam lemak tersebut ialah asam palmitat, stearat, oleat, dan linoleat.

Ada beberapa minyak yang dipakai untuk menggoreng selain minyak kelapa sawit, yaitu : minyak palm olein, palm kernel, palm stearin, dan Tallow. Selain itu terdapat pula minyak lain seperti minyak biji anggur, kedelai, bunga matahari, dan zaitun. Minyak-minyak ini kurang cocok jika digunakan untuk menggoreng namun minyak-minyak ini memiliki kandungan asam lemak yang tinggi yang biasa digunakan sebagai bahan tambahan pada salad atau makanan lainnya.

Itulah sekilas penjelasan tentang Rumus Kimia Minyak Goreng, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...