Pengertian Seni Budaya dan Contoh Seni Budaya

Pengertian Seni Budaya dan Contoh Seni Budaya

Posted on

Pengertian Seni Budaya dan Contoh Seni Budaya – Seni merupakan kata serapak yang berasal dari bahasa Sansekerta yakni sani yang artinya pelayanan, pemujaan dan persembahan. Sehingga kata seni memiliki ikatan erat dengan suatu upacara keagamaan atau umumnya kita kenal dengan nama kesenian.

Menurut Padmapusphita, kata seni berasal dari bahasa Belanda yang artinya jenius. Itu berarti menurut Padmapusphita, seni merupakan kemampuan bakat yang sudah ada sejak lahir.

Budaya berasal dari bahasa Sangsekerta yakni buddhayah yang artinya sesuatu yang mempunyaiketerkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris di sebut Culture yang berasal dari bahasa Latin yakni colore yang artinya mengolah atau mengerjakan.

Pengertian Seni Budaya

Secara umum seni budaya ialah segala sesuatu yang diciptakan menusia mengenai cara hidup berkembang dengan bersama pada suatu kelompok yang mengandung unsur estetika atau keindahan dengan turun – temurun dari generasi ke generasi.

Menurut Para Ahli

– Harry Sulastianto

Dosen dari Uneversitas Pendidikan Indonesia fakustas seni rupa, seni budaya ialah suatu keahlian untuk mengekspresikan ide – ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan mengenai benda, suasana atau karya sehingga mampu menimbulkan rasa indah yang menciptakan peradaban yang lebih moderen.

– Muhammad Thoyibi

Seni budaya adalah penjelmaan rasa seni yang sudah menjadi budaya yang termasuk dalam aspek kebudayaan, yang bisa dirasakan oleh banyak orang dalam rentang perjalanan sejarah peradaban manusia.

– Sartono Kartodirdjo

Seni budaya adalah sistem yang komperhensif karena seni budaya dapat menjalankan komunikasi dengan efektif, antara lain dengan satu bagian saja dapat menunjukan keseluruhan.

– Ide Bagus Perwita

Seni budaya ialah penunjang sarana upacara.

Beberapa Conton Seni Budaya yang Ada di Indonesia

– Tari Kencet Pantai

Tari ini merupakan seni budaya dalam bentuk tarian perang. Menceritakan tentang seseorang pahlawa suku Dayak Kenyah yang sedang berperang melawan musuh. Tarian ini juga menggambarkan tentang keberanian para ajai atau pria Suku Dayak Kenyah dalam berperang, mulai dar perang samapi upacara pemberian gelar bagi para ajai yang sudah berhasil mengenyahkan musuhnya.

Gerakan dari tarian ini sangat lincah, gesit, penuh semangat dan terkadang diikuti oleh pekikan para penari. Tarian ini diringi dengan lagu Sak Paku dan hanya menggunakan alat musik Sampe.

– Tari Saman

Tari ini berasal dari Suku Gayo yang umumnya ditampilkan untuk merayakan peristiwa penting dalam adat. Syair yang ada dalam tarianini mempergunakan Bahasa Gayo. Selain itu Tari Saman juga biasanya ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad Salallahu’alaihiwasallam. Dalam beberapa literatur di sebutkan bahwa Tari Saman dari Aceh dikembangkan dan didirikan oleh Syekh Saman yang merupakan seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara.

UNESCO menetapkan Tari Saman sebagai Daftar Representatif Takbenda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komita Antar-Pemerintah untuk perlindungan Warisan Budaya Tak Benda UNESCO di Bali pada 24 Novenber 2011.

– Kain Tenun Lombok

Kain tenun Lombok merupakan salah satu seni budaya yang berbentuk kain atau pakaian. Masih banyak pakaian khas budaya Indonesia seperti Tapis, Songket dan lain sebagainya.

– Batik

Batik terbagi dalam ratusan jenis di Indonesia.

– Angklung

Angklung merupakan alat musik yang bernada ganda atau multitonal yang secara tradisionalberkembang dalam masyarakat Sunda di Jawa Barat. Alat musik angklung terbuat dari bambu, dibunyikan dengan digoyangkan dan benturan dari badan pipa bambu tersebut menghasilkan bunyi yang bergetar dakam susunan 2,3 dan 4 nada dalam setiap ukuran, baik kecil ataupun besar.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Seni Budaya dan Contoh Seni Budaya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...