3 Isi TRIKORA (Tri Komando Rakyat)

3 Isi TRIKORA (Tri Komando Rakyat)

Posted on

3 Isi TRIKORA (Tri Komando Rakyat) – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang Trikora, yang mana bahasan kita kali ini mencakup Pengertian dan Isi dari Trikora. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini :

3 Isi TRIKORA (Tri Komando Rakyat)

Definisi Trikora

Pada tanggal 19 Desember 1961 Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno mengumumkan Tri Komando Rakyat atau yang disingkat Trikora di Yogyakarta.

Operasi Trikora atau Tri Komando Rakyat sendiri merupakan konflik 2 (dua) tahun yang dilancarkan Indonesia untuk menggabungkan wilayah Papua bagian barat.

Adapun latar belakang dari terjadinya operasi Trikora yakni karena pihak Belanda tetap tidak ingin menyerahkan Irian barat dan mereka justru memperkuat pertahanan dengan mengirim batalyon angkatan darat mereka.

Isi Trikora

Berikut ini adalah isi dari Trikora (Tri Komando Rakyat) :
1. Gagalkan pembentukan Negara boneka Papua buatan Belanda
2. Kibarkan bendera Sang Saka Merah Putih di Irian Barat
3. Bersiaplah untuk mobilisasi umum guna mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air dan bangsa.

Adapun isi Trikora tersebut disampaikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 19 Desember 1961 di Alun-Alun Utara Yogyakarta. Selain trikora, Presiden Ir. Soekarno juga membentuk Komando Mandala yang bertugas merencanakan, mempersiapkan serta menyelenggarakan operasi militer untuk menggabungkan Papua bagian barat dengan Indonesia dan Mayor Jenderal Soeharto diangkat sebagai Panglima. Berikut ialah kutipan dari pidato Trikora dalam pidato Presiden Soekarno yang tertuang dalam buku Api Perjuangan Irian Barat

Kutipan Pidato Trikora

Kurang lebih berikut ini Kutipan Pidato Trikora yang disampaikan Presiden Pertama Indonesia Ir. Soekarno :

“Sekarang saya tanya kepada saudara-saudara, kepada dunia internasional. Mengapa pihak Belanda menjadikan Irian Barat sebagai satu boneka Papua.

Belanda menghasut rakyat Irian Barat menjalankan satu politik memecah belah kedaulatan RI dengan mendirikan negara Papua, mengibarkan bendera Papua, menciptakan lagu kebangsaan zoogenamde. . . .

Dengarkan saudara-saudara, komando saya dengan tegas ialah gagalkan pendirian negara Papua ini. Apa komando saya lagi, hai seluruh rakyat Indonesia kibarkanlah bendera Sang Saka Merah Putih di Irian Barat itu.

Siap sedialah akan datang mobilisasi umum. Mobilisasi umum mengenai seluruh rakyat Indonesia untuk membebaskan Irian Barat dari cengkeraman Belanda . . . .”

Itulah sekilas penjelasan tentang 3 Isi TRIKORA (Tri Komando Rakyat), terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...