3 Akibat Pelanggaran Terhadap Norma Bagi Masyarakat

3 Akibat Pelanggaran Terhadap Norma Bagi Masyarakat

Posted on

3 Akibat Pelanggaran Terhadap Norma Bagi Masyarakat – Apa itu Norma ??? ya mungkin hampir semua orang mengetahui apa itu norma, telebih lagi sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) kita sudah mempelajari tentang Norma. Bahkan sebetulnya norma sudah kita pelajari sedari Lahir. dan kesempatan kali ini kita akan membahas tentang akibat pelanggaran terhadap norma itu sendiri bagi Masyarakat. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Definisi Norma

Apa itu Norma, ya Norma itu merupakan suatu aturan atau ketentuan atau kaidah yang berlaku sebagai pedoman dalam mengatur perilaku manusia didalam kehidupan bermasyarakat. Norma sendiri biasanya timbul dari adat istiadat atau kebiasaan-kebiasaan yang telah berlaku dalam lingkungan masyarakat tersebut. Sehingga dapat dikatakan pula bahwa norma yang berlaku di setiap lingkungan masyarakat satu dengan yang lainnya akan berbeda-beda, seperti norma kebiasaan atau norma adat. Namun, ada juga norma yang berlaku secara universal atau berlaku dimanapun kita berada, yaitu seperti norma agama, norma hukum, norma kesopanan, dan norma kesusilaan.

Dan selain sebagai pedoman tingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat, norma juga dapat berfungsi sebagai payung hukum dalam mengatasi berbagai masalah konflik yang terjadi antar masyarakat, sehingga dapat mewujudkan adanya ketertiban dan keadilan pada setiap masyarakat.

Akibat Pelanggaran Terhadap Norma Bagi Masyarakat

3 Akibat Pelanggaran Terhadap Norma Bagi Masyarakat

Jika seseorang melanggar sebuah norma, maka akan mengakibatkan, yaitu antara lain sebagai berikut :

  1. Dikucilkan dari masyarakat, berarti orang yang melanggar norma tersebut dapat diberikan sanksi berupa pengucilan secara fisik yaitu dipenjara maupun pengucilan secara psikis yaitu dijauhi oleh masyarakat hingga membuatnya stres (Gangguan Jiwa).
  2. Mendapatkan celaan dan hinaan dari masyarakat, berarti orang yang melanggar norma tersebut akan mengalami gangguan dari segi mental, yaitu seperti stres atau depresi akibat celaan dan hinaan yang diberikan oleh masyarakat atas pelanggaran norma yang dilakukannya terhadap masyarakat tersebut.
  3. Mendapatkan hukuman fisik atau diharuskan membayar denda kepada negara, yang berarti siapapun orang yang telah melanggar norma terkait dengan hukum yang berlaku, maka orang tersebut dapat diberikan hukuman secara fisik seperti misalnya dipenjara maupun dihukum mati dan atau membayarkan sejumlah denda sebagai ganti kepada negara.

Itulah sekilas penjelasan tentang 3 Akibat Pelanggaran Terhadap Norma Bagi Masyarakat, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...