Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Tangan

Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Tangan

Posted on

Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Tangan – Disaat kita berada ditempat asing atau baru tentunya kita bingung Arah Mata Angin, dimana Utara, Selatan, Barat ataupun Timur. Ya dikesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara bagaimana menentukan Arah Mata Angin dengan cara yang cukup sederhana dan tentunya mudah, yaitu dengan menggunakan tangan kita. Tentu anda penasaran bagaimana caranya bukan ??, jika begitu mari kita simak bersama-sama ulasan berikut ini :

Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Tangan

Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Tangan

Pertama yaitu kita harus berpatokan dengan arah dari Matahari, ya Matahari. Karena jika di Pagi hari, matahari tentunya masih berada di sebelah timur, karena Matahari terbit dari Timur, Kalau dari Barat tentunya tidak perlu saya jelaskan hehehehe.

Dan selanjutnya bagaimana cara menentukan arah mata anginnya ? tentu itu yang terlintas di pertanyaan anda, caranya sangat mudah yaitu :

  • Posisikan tubuh atau badan menghadap ke matahari (Timur)
  • Selanjutnya rentangkan kedua tangan
  • Ya, tentu anda sudah paham apa hasilnya. Tangan kanan kita menunjukkan arah Selatan dan tangan kiri menunjukkan arah Utara, dan Barat berada dibelakang anda.

Kemudian timbul pertanyaan bagaimana jika diwaktu sore hari

Kembali lakukan dengan cara sebelumnya, yaitu kembali menghadap ke matahari dan rentangkan kedua tangan.

  • Tentu arahnya akan berlawanan dengan arah sebaliknya. Ya jika anda menghadap ke arah Matahari sore, tentunya kita sedang menghadap ke Barat.
  • Tangan kanan menunjukkan ke arah Utara dan kiri menunjukkan ke arah Selatan
  • Dan arah Timur dibelakang anda

Itulah sekilas penjelasan tentang Cara Menentukan Arah Mata Angin Dengan Tangan, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...