Pengertian Gotong Royong dan Manfaat Gotong Royong Bagi Kehidupan

Pengertian Gotong Royong dan Manfaat Gotong Royong Bagi Kehidupan Bermasyarakat

Posted on

Pengertian Gotong Royong dan Manfaat Gotong Royong Bagi Kehidupan Bermasyarakat – Gotong Royong identik dengan bekerja sama dalam hal kehidupan perkampungan yang sudah ada sedari dulu. Dan apa sebetulnya Gotong Royong itu ?? Pada kesempatan kali ini kita akan mengupas tentang Gotong Royong dalam kehidupan bermasyarakat. Dan berikut ini ulasannya :

Pengertian Gotong Royong

Pengertian Gotong Royong dan Manfaat Gotong Royong Bagi Kehidupan

Gotong royong sendiri merupakan istilah Indonesia untuk bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Istilah ini sendiri berasal dari gotong yang berarti “bekerja”, dan royong berarti “bersama”. Bersama dengan musyawarah, pantun, Pancasila, hukum adat, ketuhanan, serta kekeluargaan. Gotong royong menjadi dasar filsafat Indonesia seperti yang dikemukakan oleh M. Nasroen.

Manfaat Gotong Royong

Gotong royong yang merupakan budaya masyarakat akan memberikan banyak sekali keuntungan. Adapun Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain, yaitu :

1. Meringankan beban pekerjaan yang harus ditanggung

Semakin banyaknya orang yang terlibat dalam usaha membangun atau membersihkan suatu lingkungan, maka akan semakin ringan pula pekerjaan dari masing-masing individu yang terlibat di dalamnya. Selain juga meringankan pekerjaan yang harus ditanggung oleh masing-masing individu, gotong royong juga dapat membuat sebuah pekerjaan menjadi lebih cepat untuk diselesaikan. Yang artinya, gotong royong dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

2. Menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, serta kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat

Seperti yang telah dijelaskan, gotong royong juga memiliki nilai-nilai yang menjadikan gotong royong itu menjadi budaya yang sangat baik untuk selalu dipelihara. Gotong royong dapat menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat. Masyarakat yang akan melakukan gotong royong akan lebih peduli pada orang-orang yang ada di sekitarnya. Mereka rela untuk saling berbagi dan tolong menolong. Masyarakat juga dapat lebih “guyup” karena gotong royong menjaga kebersamaan dan kekeluargaan antar sesama anggota yang ada di masyarakat.

3. Menjalin dan membina hubungan sosial yang baik dan harmonis antarwarga masyarakat

Lingkungan yang harmonis akan menyehatkan masyarakatnya. Di saat ada satu dari anggota masyarakat yang kesulitan, maka anggota masyarakat lainnya akan dengan sigap memberikan pertolongan. Hubungan sosial yang baik dan harmonis seperti ini dapat dibangun bila masyarakat ingin malakukan kegiatan gotong royong. Gotong royong sendiri dapat menumbuhkan hubungan sosial yang baik pada masyarakat. Sebagai akibatnya, hubungan antar anggota masyarakat pun akan semakin harmonis.

4. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional

Dalam skala yang jauh lebih besar, gotong royong dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional. Masyarakat yang sudah solid di tingkat RT maupun RW akan mampu menjalin persatuan yang jauh lebih besar lagi dalam skala nasional. Gotong royong juga mampu menyadarkan masyarakat jika kita semua berada di tanah air yang sama, sehingga sikap persatuan dan kesatuan yang ada juga harus diwujudkan dari Sabang sampai Merauke, yaitu pada seluruh daerah di Indonesia.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Gotong Royong dan Manfaat Gotong Royong Bagi Kehidupan Bermasyarakat, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...