Pengertian Ikhtiar Dalam Islam Dan Bentuk Bentuk Ikhtiar

Pengertian Ikhtiar Dalam Islam Dan Bentuk Bentuk Ikhtiar

Posted on

Pengertian Ikhtiar Dalam Islam Dan Bentuk Bentuk Ikhtiar – Ihktiar berasal dari bahasa Arab artinya berusaha, secara bahasa ihktiar artinya semua bentuk perilaku atau perbuatan manusia untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan atau usaha yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dalam hidup yang dilakukan sungguh-sungguh dan semaksimal mungkin dengan mengeluarkan semua kemampuan serta keterampilan, dilakukan sesuai syari’at Islam.

Bentuk – Bentuk Ikhtiar

– Bersungguh-sungguh

Ini ialah salah satu yang harus diperhatikan, dalam mencapai semua keinginan diperlukan kesungguhan yang mendalam, jangan sekali-kali melakukannya dengan setengah hati.

Misalnya: jika kita sedang mencari jodoh pasti kita menginginkan jodoh yang baik, karenanya kita harus berusaha dengan sungguh-sungguh untuk memantaskan diri dan memperbaiki diri kita, jika kita sudah pas=ntas dan baik maka dengan izin-Nya jodoh kita akan datang.

– Bekerja Keras

Kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Bermalas-malasan ialah tindakan yang sangat dilarang terlebih melakukan usaha dengan semaunya. Kita harus bekerja keras dan berjuang dengan sekuat mungkin untuk mendapatkan hasil yang baik.

Misalnya: dalam mencari rezeki kita tidak boleh bermalas-malasan dalam bekerja. Kita harus rajin dalam bekerja, rapih, sungguh-sungguh dan ikhlas dalam bekerja.

– Dilarang Putus Asa dan Pantang Menyerah

Bila kita melakukan usaha lalu tidak mendapatkan hasil seperti yang kita harapkan atau bahkan mungkin gagal maka kita harus terus untuk mencoba, jangan mudah untuk menyerah, berputus asa karena usaha yang kita kerjakan gagal, itu karena sebuah kegagalan merupakan sebuah proses pembelajaran supaya kita dapat lebih berusaha.

Misalnya: jika kita menginginkan usaha yang sedang kita jalani menjadi usaha yang maju dan sukses namun suatu saat mengalami penurunan dalam pemasaran dan target kita tidak tercapai maka kita tidak boleh berputus asa dan kita harus terus berusaha untuk meningkatkan usaha yang kita bangun.
Allah berfirman dalam surah Ar-Ra’d ayat 11 yang artinya “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan (nasib) suatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan (nasib) yang ada pada diri mereka sendiri”

Islam mengajarkan pada setiap manusia untuk selalu nerusaha dengan diiringi do’a, hasilnya mari kita serahkan pada Allah, karena hasil tidak akan menghianati usaha yang sudah kita lakukan. Hasil dari usaha manusia ialah hak preogratif Allah Subhanahu Wata’ala.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Ikhtiar Dalam Islam Dan Bentuk Bentuk Ikhtiar, terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.

Baca Juga >>>


Loading...