Pengertian, Tugas, Tujuan, Jenis Dan Kode Etik Wartawan Terlengkap

Pengertian, Tugas, Tujuan, Jenis Dan Kode Etik Wartawan Terlengkap

Pengertian, Tugas, Tujuan, Jenis Dan Kode Etik Wartawan Terlengkap – Wartawan atau jurnalis ialah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang dengan dengan teratur menuliskan berita dalam bentuk laporan dan tulisannya itu dikirimkan atau dimuat pada media massa degan teratur (Wikipedia).

Dalam pengertian lain, wartawn ialah orang yang bekerja mencari, mengumpulkan, memilij, mengolah berita serta menyajikan berita tersebut secepatnya pada masyarakat luas dengan menggunakan media massa, baik itu media ekeltronik ataupun cetak. Yang disebut wartawan ialah reporter, juru kamera, editor, redaktur, juru foto nerita dan editor audio visual.

Wartawan ialah orang yang teratur melakukan kegiatan jurnalistik (UU No. 40 Tahun 1999 Pasal 1 Ayat 4)

Tugas Wartawan

Buku Blur: How to Know What’s True in The Age of Information Overload yang dibuat oleh bill Kovach dan Tom Rosenstiel, yang merupakan tugas wartawan ialah:

– Authenticator

Yakni masyarakat butuh wartawan yang bisa memeriksa kebenaran dari suatu berita atau informasi yang beredar.

– Sense Maker

Yakni wartawan bisa menjelaskan apakah informasi yang didapat itu masuk akal atau tidak.

– Investigator

Yakni seorang wartawan harus terus melakukan pengawasan pada kekuasaan dan membongkar sebuah kejahatan.

– Withness Bearer

Yakni wartawan harus meneliti serta memantau kejadian-kejadian tertentu dan bosa bekerja sama dengan reporter.

– Empowerer

Yakni saling memberdayakan antar wartawn serta warga untuk menghasilkan sebuah percakapan yang terus menerus pada kedua-duanya.

BACA JUGA :   Pengertian, Ciri, Jenis dan Tujuan dari Iklan

– Smart Aggregator

Yakni sebagai seorang wartawan harus cerdas berbagi sumber dari berita yang bisa diandalkan, laporan yang baik bukan hanya hasil karya wartawan itu sendiri.

– Organizer

Yakni sebuah organisasi berita baik itu yang sudah lama atau baru.

– Role Model

Yakni wartawan tidak hanya berkarya dan menghasilkan sebuah karya namun tingkah laku seorang wartawan masuk dalam ranah publik juga harus dijadikan contoh.

Tugas dari Wartawan ialah melakukan laporan serta menulis mengenai berbagai topik berita kemudian mempublikasikan ke media massa.

Tujuan Dari Wartawan

Yakni mendapatkan informasi, informasi yang dapat digali, dapat dilakukan perincian sebagai berikut:

  • Untuk bisa mendapatkan bukti nyata.
  • Untuk bisa mendapatkan sebauh fakta yang penting dari suatu wawancara, seorang reporter wajib menemukan sumber yang kredibel dan bisa dipercaya dengan informasi yang sangat akurat.
  • Seorang wartawan bisa melakukan wawancara dengan orang yang ditemuinya dijalan untuk meminta pendapatnya mengenai masalah atau kondisi tertentu.

Jenis Wartawan

– Wartawan Profesional

Wartawan yang menjadikan pekerjaannya sebagai sebuah profesi sehari-hari atau ia menganggap pekerjaan itu merupakan kewajibannya.

– Wartawan Freelance

Wartawan yang tidak terikat kerja dengan satu surat kabar berita saja.

– Wartawan Kantor Berita

Wartawan yang berasal dari kanotr berita yakni tugasnya mencari berita untuk satu kanotr saja kemudia berita yang didapat dijual atau disalurkan ke berbagai lembaga penerbitan yang membutuhkannya.

Kode Etik Wartawan

Saat menjalankan tuganya, seowang wartawan harus memegang kode etik jurnalistik yang bertujuan agar wartawan bertanggung jawab dalam menjalankan pekerjaannya yakni mencari dan menyajikan informasi. Berikut kode etik wartawan:

  • Bersikap independen, menghasilkan bertia yang akurat, berimbang serta tidak mempunyai itikad buruk.
  • Melaksanakan tugas dengan cara-cara yang profesional.
  • Menguji informasi, meberikan berita yang berimbang, tidak melakukan pencampuran fakta dnegan opini yang menghakimi dan harus menerapkan azas praduga tak bersalah.
  • Tidak membuat berita bohong, sadis, sebuah fitnah dan bersifat cabul.
  • Tidak melakukan penyiaran sebuah identitas korban dan menyebutkan kejahatan asusila seta tidak menyebutkan ID pelaku.
  • Tidak meneria suap dan tidak menyalahgunakan profesinya.
  • Mempunyai hak tolak untuk melindungi seorang narasumber yang tidak bersedia jika identitasnya diketahui ataupun kebenarannya, menghargai ketentuan embargo, latar belakang informasi dan tidak melakuakn perekaman sesuai dengan kesepakatan.
  • Tidak menulis berita atau menyiarkan berita hanya berdasarkan oleh prasangka atau diskriminasi terhadap seseorang dengan dasar perbedaan ras, suku, agama, jenis kelamin serta bahasa kemudian tidak merendahkan martabat orang lemah, sakit, miskin, cacat jasmani atau jiwa.
  • Menghormati hak seorang narasumber mengenai kehidupan pribadinya kecuali untuk kepentingan masyarakat.
  • Harus segara melakuakn klarifikasi atau mencabut serta memperbaiki berita yang salah atau keliru dan tidak akurat dan disertai dengan permintaan maaf pada pembaca, pendengar atau penonton.
  • Melayani hak jawab dan hak koreksi dengan proporsional.
BACA JUGA :   Cara Registrasi Daftar Akun OSS Online

Itulah sekilas Pengertian, Tugas, Tujuan, Jenis Dan Kode Etik Wartawan Terlengkap, terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka