10 Alat Musik Tradisional Dari Sumatera

10 Alat Musik Tradisional Dari Sumatera

Posted on

10 Alat Musik Tradisional Dari Sumatera – Indonesia merupakan negara yang memiliki beranekaragam budaya dan kesenian, salah satunya ialah alat musik. Alat musik dari setiap daerah di Nusantara berbeda dan memiliki ciri khas masing-masing. kali ini kami akan menyajikan alat musik tradisional dari Pulau Sumatera.

1 Aceh

Sebuah provinsi dengan julukan Serambi Mekah, mempunyai bermacam-macam alat musik tradisional, namun yang menjadi ikon khas budaya Aceh ialah “Serune Kalee”. Serunee atau yang lebih dikenal dengan Serunai khas dari provinsi Aceh termasuk dalam jenis alat musik aerophon, itu artinya bisa dimainkan dengan ditiup. Terdapat lubang-lubang nada di bagian tangkainya yang berfungsi untuk mengatur tinggi rendangnya nada yang dimainkan.

2. Sumatera Utara

Sumatera Utara memiliki suku mayoritas 7yang sangat memegang teguh budaya dari nenek moyangnya, yakni Suku Batak. Suku batak mempunyai beragam alat musik tradisional dan “Aramba” menjadi ikon kebudayaan dari Sumatera Utara. Aramba ialah alat musik sejenis gong kecil yang biasa dimainkan dalam upacara adat. Aramba termasuk jenis alat musik ideophon itu artinya bisa dimainkan dnegan car5a dipukul.

3. Riau

Sumatera yang kental dengan adat kebudayaan melayu sangat terasa dalam kehidupan masyarakat yang berada di provinsi Riau. Berhubung dengan alat musik, Riau memiliki ikon yang khas yakni “Gambus”. Sejatinya alat musik ini berasal dair kebudayaan Timur Tengah yang dibawa oleh para pedagang yang dulu singgah di Indonesia untuk melakukan jual beli. Meski begitu, alat musik ini lebih dikenal sebagai kebudayaan dari Riau dibanding kebudayaan yang dibawa oleh para pedagang tersebut. gambur termasuk jenis alat musik Kordophon yang cara memainkannya dengan cara dipetik.

4. Sumatera Barat

Suku Minag yang berada di Provinsi Sumatera Utara mengenal bermacam-macam alat musik tradisional, namun yang paling unik diantara alat musik yang lainnya ialah “Gendang Tabuik”. Alat musik ini ialah alat musik khusus yang dimainkan hanya saat memperingati hari wafatnya Cucu Rasulullah yakni Hasan Husein. Nilai spiritual agama Islam yang terkandung kuat dalam alat musik ini. Tabuik termasuk alat musik yang berjenis Membraphon.

5. Jambi

Budaya masyarakat Jambi tidak jauh berbeda dengan kebudayaan masyarakat Riau. Masyarakat dari dua provinsi ini memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan kebudayaan Melayu sejak zaman nenek moyang mereka. Alat musik yang menjadi ikon dari provinsi ini ialah “Akordeon”. Akordeon dapat dimainkan dengan cara ditekan atau dipompa.

6. Kepulauan Riau

Kepulauan Riau mempunyia kebudayaan tidak jauh berbeda dengan prvinsi Riau yakni Melayu. kedua provinsi ini sangat kental dengan kebudayaan Melayu. Akan tetapi yang menjadi ikon alat msuik tradisional dari provinsi ini ialah “Gandang Panjang dan Marwas. Alat musik ini termasuk alat musik Membraphon karena memiliki membran yang menjadi sumber bunyi dair alat musik ini.

7. Bangka Belitung

Kaian semua pasti sudah pernah menonton film laskar Pelangi yang diperankan oleh anak-anak Belitung. Ada salah satu anak yang selalu membawa Rebana, nah itu merupakan alat musik tradisional dari Bangka Belitung. Rbana kahs dair Bangka Belitung ada yang memiliki beberapa logam yang bergerincing yang terletak pada bagian pinggir Rebana dan Rebana yang polos tidak bergemerincing saat diaminkan. Selain Rebana, masyarakat Banga Belitung juga mengenal alat musik tradisional lain khas Melayu seperti Gambus, Rebab dan Gendang.

8. Sumatera Selatan

“Burdah OKU” merupakan alat musik tradisional dari Sumatera┬áSelatan yang daingkat ke kancah Nasional. Ini merupakan alat musik rebana yang sudah lama ada alam adat budaya masyarakat asli Ogan Komering Ulu. Burdah biasa dimainkan saat mengiringi lagu-lagu Berjanji yang biasa dibacakan saat acara pengajian yang diadakan di kampung-kampung.

9. Bengkulu

Doll merupakan alat musik tradisional berasal dari Bengkulu. Doll berbentuk gendang kecil dan berangka cembung, alat musik ini termasuk dalam jenis alat mujsik membrenophon. Doll dimainkan saat yang sama dengan Gemdang Tabuik yakni saat acara ritual peringatan meninggalnya Cucu Rasulullah.

10. Lampung

Di Lampung terdapat empat alat musik tradisional yang benar-benar asli berasal dari adat kebudayaan nenek moyang kami. Empat alat musik tradisional yang dimaksud ialah Kompang, Serdam, Bende dan Cetik atau Gamolan Pekhing. Diantara ke-empat alat musik tradisional tersebut, Bande merupakan alat musik yang terkenal bahkan diabadikan dalam logo resmi Provinsi Lampung. Bende berbentuk gong kecil yang pada zaman dulu digunakan sebagai alat komunikasi antar warga.

Itulah sekilas penjelasan tentang 10 Alat Musik Tradisional Dari Sumatera, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...