Faktor Yang Mempengaruhi Reaksi Kimia

Faktor Yang Mempengaruhi Reaksi Kimia

Posted on

Faktor Yang Mempengaruhi Reaksi Kimia – Faktor yang mempengaruhi reaksi kimia diantaranya ialah ukuran partikel zat, suhu, kadar zat dan cara mengaduk. Reaksi kimia pada dasarnya terjadi karena tumbukan antar zat – zat pereaksi sehingga semakin sering terjadi tumbukan maka akan semakin cepat terjadi reaksi. Dengan begitu kita bisa menjawab kenapa gula yang kita aduk dalam air akan cepat larut jika kita aduk.

– Ukuran Partikel
Ukuran partikel rektan sangat memberi pengaruh pada kecepatan reaksi kimia. Semakin kecil ukurannya maka akan semakin cepat rektan akan bereaksi. Namun semakin besar ukurannya maka akan semakin lama waktu yang diperlukan untuk bereaksi.

– Suhu
Semakin tinggi suhu pada larutan maka akan semakin mudah zat tersebut larut dalam larutan. Ini terjadi karena pada suhu tinggi partikel – partikel zat akan bergerak lebih cepat sehingga tumbukan antar partikel akan lebih banyak. Biasanya peningkatan suhu sebesar 10 derajad celcius akan menjadikan reaksi dua kali lebih cepat dan berlaku kelipatan.

Dari beberapa faktor itu maka dapat kita ketahui bahwa semakin tinggi suhu maka reaksi akan menjadi lebih cepat. kenapa itu bisa terjadi ? itu karena jika temperatur dinaikan maka gerakan pertikel akan semakin cepat dan tumbukan akan terjadi lebih banyak dan itu berakibat reaksi yang semakin cepat.

– Sifat Zat
Setiap zat pasti mempunyai sifat yang berbeda. Dalam reaksi kimia maka sifat zat yang perlu kita perhatikan antara lian ialah titik leleh, titik didih, titik beku, beracum atau mudah terbakar.

– Pengadukan
Reaksi kimia akan terjadi jika pertikel – pertikel bertabrakan.Kecepatan reaksi akan meningkat bila terjadi lebih banyak tabrakan setiap detik. Pengadukan akan menjadikan pertikel – pertikel pada zat bergerak dan bersentuhan dengan partikel lainnya sehingga suatu reaksi bisa berjalan dengan cepat.

– Kadar Zat
Kadar zat yang tinggi mempunyai partikel zat terlarut yang banyak. Semakin banyak pertikel zat terlarut yang bergerak maka semakin banyak partikel yang bertabrakan. Banyaknya partikel yang bertabrakan maka akan menjadikan raeksi kimia berjalan dnegan cepat.

Ukuran suatu materi dan suhu memberi pengaruh pada kecepatan reaksi, selian itu kecepatan reaksi juga dipengaruhi oleh kepekatan dan katalis. Kepekatan akan memberi pengaruh pada laju reaksi sedangkan katalis akan mempercepat pada terbentuknya produk dari reaksi.

Itulah sekilas penjelasan tentang Faktor Yang Mempengaruhi Reaksi Kimia, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...