Macam-Macam Bentuk Zat

Macam-Macam Bentuk Zat

Posted on

Macam-Macam Bentuk Zat – Zat meruapakah sesuatu yang mempinyai massa dan menempati ruang. Jadi seluruh benda yang ada di sekitar kita ialah berupa zat atau marei. Seperti air, batu, balon yang berisi gas dan lain sebagainya. Ketiga benda-benda tersebut memounyai sifat yang sama yakni menempati ruang. Berdasatkan wujudnya zat dibagi dalam tiga kelompok, yakni:

1. Zat Padat

Zat padat tersusun dari partikel-partikel yang teratur, berdekatan dan memiliki gaya tarik menarik antar partikelnya juga sangat kuat, gerakan dari setiap partikelnya bebas, sifat zatnya memiliki bentuk tetap serta volumenya juga terus mengikuti zat tersebut.

Contoh dari zat padat yang ada disekitar kita ialah batu, semua ciri benda padat terdapat pada batu yakni mempunyia susunan partikel yang amat rapat dan kuat sehingga batu tidak mudah untuk ditempa dan tidak mudah untuk berubah bentuk. Selanjutnya yakni volumenya tidak berubah mengikuti tempatnya karena batu mempunyai bentuk yang tetap dan itu artinya dimanapun batu itu berada maka batu tidak akan berubah bentuk. Akan tetapi tidak semua benda padat memiliki sifat ini, karena sifat ini dipengaruhi oleh ukuran atau besar kecilnya benda padat tersebut dan juga luas tempat yang ditempatinya. Seperti pada serbuk kopi, serbuk kopi termasuk dalam benda padat yang berukuran kecil karenanya jika serbuk kopi dipndah ke suatu tempat maka bentuknya akan mengikuti tempatnya atau bentuknya akan sama dengan tempatnya.

2. Zat Cair

Zat cair ialah suatu benda yang bisa menempati ruang sesuai dengan bentuk ruang yang di tempatinya atau dnegan kata lain benda tersebut mengikuti ruang yang tersedia.

Ciri zat cair:

– Bentuknya mengikuti tempatnya, seperti minyak goreng yang ada didalam botol akan berubah bentuk jika kita tuangkan ke dalam penggorengan. Begitu juga yang dialami oleh air, ait yang tadinya berada dalam sebuah ember akan berubah bentuknya jika kita masukan kedalam sebuah botol. Itu artinya bentuk dari benda cair mengikuti bentuk dari wadahnya.

– Permukaannya selalu datar dan tenang. Bentuk dari permukaan benda cair yang tenang akan berbeda dengan bentuk benda cair yang bergejolak atau mengalami gaya atau tenaga lain dari luar. Ini akan terlihat pada wadah yang tembus pandang, jika wadah tersebut dimiringkan maka permukaan benda cair yang tenang akan selalu datar.

– Benda cair akan mengalir dari tempat yang tinggi ek tempat yang rendah. Ini bia kita lihat di aliran air selokan atau aliran air pada umumnya, jugga bisa kita lihat juga pada air terjun yang mengalir deras kemudian jatuh melalui tebing curam.

– Benda cair akan menekan semua arah. Air memiliki tekanan, semakin rendah tekanannya pada suatu tempat maka akan semakin lambataliran airnya. Pancaran atau tekanan air di tempat yang lebih rendah akan semakin kuat, oleh karena itu kenapa dinding pada bendungan dibuat lebih tebal dibawahnya, ini berguna untuk menahan tekanan dari air yang semakin besar.

– Benda cair akan meresap melalui celah-celah kecil. Banyak peristiwa sehari-hari yang menggambarkan proses meresapnya benda cair melalui celah kecil atau kita kenal dengan istilah kapilaritas. Contohnya minyak tanah yang kita gunakan untuk menghidupkan api pada kompor akan meresap pada sumbu kompor sehingga api bisa menyala.

3. Zat Gas

Zat gas ialah satu – satunya zat yang tidak bisa di lihat bentuknya atau zat ini hanya bisa kita rasakan. Ini karena bentuk partikel dari zat ini tidak mempunyai gaya tarik – menarik. Contohnya ialah udara yang ada disekitar kita dan gas yang kita gunakan utnuk masak sehari – hari. Zat ini tergentuk dari kumpulan – kumpulan materi yang di sebut dengan molekul. Masing-masing dari molekul membentuk zat gas dan mempunyai sifat dasar yang dimiliki oleh gas. Susunan molekul tersebut terbentuk dari materi yang lebih kecil lagi yang kita kenal dnegan atom. Akan tetapi atom tidak mempunyai sifat dasar dari zat yang ia bentuk.

Sifat gas:

– Mempunya bentuk yang tidak tetap
Bentuk dari zat ini tergantung dari tempat atau wadah yang menjadi tempungan zai ini. Jika gas kita masukkan dalam wadah berbentuk tabung maka zat gas akan membentuk tagung tersebut. Bentuknya tidak pernah tetap karena gas akan mengisi semua ruangan yang menjadi wadahnya atau tempatnya.

– Gas menekan kesegala arah
Jiak zat ini ditempatkan ke sebuah ruang maka zat ini akan memberikan tekanan kesemua arah dan akan membentuk waah tersebut.

Itulah sekilas penjelasan tentang Macam-Macam Bentuk Zat, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...