Pengertian, Ciri, Manfaat serta Kandungan Yang Terdapat Pada Sambiloto

Pengertian, Ciri, Manfaat serta Kandungan Yang Terdapat Pada Sambiloto

Posted on

Pengertian, Ciri, Manfaat serta Kandungan Yang Terdapat Pada Sambiloto – Sambiloto yang mempunyai nama latin Andrographis Paniculata ialah sebuah tumbuhan tradisional yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Sambiloto merupakan tumbuhan ternak tegak yang tingginya dapat mencapai 90 cm. Pohon ini bersalah dari Asia dengan iklim tropika, mulai dari India alalu ke selatan Siam tarus ke semenanjung Malaya dan ditemukan di Jawa.

Sambiloto ialah tumbuhan liar yang mempunyai khasiat untuk kesehatan, daunnya dapat dijadikan obat untuk beberapa macam penyakit. Karena pohon ini mer5upakan tumbuhan liat maka tidak jarang kita dapat menemukannya ditempat – tempat seperti pinggiran sungai, kebun, tanah yang lembab atau tidak senagaj ditemukan di teras rumah kita sendiri.

Kandungan yang Terdapat Pada Daun Sambiloto

Dalam daun sambiloto terkandung flavonoid dan laktone. Kandungan Laktone dapat didapatkan dari cabang dan daunnya, masing-masing daun dan cabangnya mengandung deoxyandrographoldie, andropraholide atau zat pahit, 14-deoxy-n, 12-didehydroandrographolide, dan homoandrographolide. Selain itu didalam daun dan cabangnya juga terkandung Keton, Alkane, Mineral. Aldehid, Damar dan Kersik. Kandungan lavonoid banyak terdapat pada akarnya, yakni polimetoksiflavon, andrgrafin, pan ikulin, mono-0-metilwithin, dan apigenin-7, 4-dimetiler.

Ciri Tumbuhan Sambiloto

– memiliki daun tunggal dengan tangkai pendek, letaknya berhadapan dan bersilang, berbentuk lanset, pangkalnya runcing, ujungya runcing, tepian rata, permukaan atas berwarna hijau tua.

– Bunga berjenis resemoda yang bercabang membentuk malai, bunga keluar dari ujung batang atau dari ketiak daun. Bunga memiliki bibir dengan bentuk tabung dan warnanya putih.

– Buah berbentuk kapsul corong, memilliki panjang sekitar 1,5 cm, lebar 0,5 cm pada pangkal dan ujungnya berbentuk tajam.

Khasiat serta Manfaat

1. Mencegah Kanker

Daun sambiloto dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit seperti tumor ganas dan tumor paru yang akan menjadi bakal kanker. Daun ini juga bisa digunakan sebagai obat dari trofoblas seperti mola hidatisoda atau hamil anggur.

2. Menurunkan Panas Dalam

Kandungan antiperetika yang terdapat pada daun sambiloto sangat efektif untuk meredakan panas dalam.

3. Obat Tifus

Daun ini dipercya dapat mengobati tifus, caranya dengan merebus 10 sampai 15 helai daun sampai mendidih lalu air hasil rebusan dapat diminum.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Kalium yan g terkandung dalam daun sambiloto memiliki khasiat dapat menurunkan tekanan darah. Dalam hasil percobaan yang dilakukan armakologi menunjukan bahwa air dari rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0,3 ml/kg berat badan kita maka dapat memberi khasiat penurunan kadar gula darah yang sebanding dengan memberikan suspensi glibenclamid.

Khasiat lainnya dari daun ini antarai lain:

1. Mengatasi gatal-gatal
2. Mengobati malaria
3. Meningkatkan daya tahan tubuh
4. Menjaga stamina
5. Mengobati sakit perut
6. Kencing manis (DM)
7. Gejala penyakit hepatitis
8. Infeksi saluran empedu
9. Mengatasi Diare
10. Mengatasi disentri basiler
11. Mengobati tifoid
12. Mengobati radang paru atau pneumonnia
13. Mengobati radang saluran pernapasan atau bronkhitis
14. Mengobati radang ginjal akut ataupielonefritis akut
15. Mengobati radang telinga tengah atau OMA
16. Mengobati radang usus buntu
17. Mengobati sakit gigi
18. Mengobati leptospirosis
19. Efektif untuk menawar racun
20. Baik Untuk Kulit (pengobatan luar)
21. Mengobati diabetes
22. Menghilangkan flek hitam di kulit

Untuk pengobatan luar, kita dapat menggunakan beberapa cara:

1. Cuci sampai bersih daun sambiloto sebelum akan digunakan, secukupnya.
2. Tumbuk atau hasulkan daun sambiloto sampai benar – benar halus.
3. Taruh tumbukan daun tersebut dalam kain yang halus untuk menampung sisa daun yang sudah dihaluskan.
4. Gunakan sebagai masker pada kulit atau wajah supaya hasilnya sempurna.
5. Lakukan dengan rutin supaya hasilnya baik.

Untuk pengobatan dalam, kita dapat mengguanakn beberapa cara:

1. Ambil beberapa helai daun sambiloto, cuci bersih
2. Rebus dengan air hingga mendidih dan menyisahkan 1/4 nya.
3. Minum air rebusan tersebut secukupnya.

Untuk memanfaatkan daun ini sebaiknya anda meminta saran dari ahli pengobatan tradisional yang faham dengan pengobatan tradisional.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Ciri, Manfaat serta Kandungan Yang Terdapat Pada Sambiloto, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...