Pengertian, Fungsi, Jenis, Tujuan Ilustrasi Serta Teknik Dan Alat Yang Digunakan

Pengertian, Fungsi, Jenis, Tujuan Ilustrasi Serta Teknik Dan Alat Yang Digunakan

Posted on

Pengertian, Fungsi, Jenis, Tujuan, Dan Teknik Ilustrasi Serta Alat Yang Digunakan – Ilustrasi ialah hasil dari visualisasi suatu tulisan dengan menggunakan teknik menggambar, fotograsi, melukis dan teknik seni rupa lainnya yang lebih menekan pada hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud dari pada bentuknya.

Secara etimologi, pengertian ilustrasi ialah dari bahasa latin Illustrate artinya menjelaskan atau menerangkan. Secara termonologi, ilustrasi ialah suatu gambar yang memiliki sifat dan fungsi sebagai penerang atau menerangkan atau menjelaskan suatu kejadian. Dalam bahasa Belanda disebut dengan Ilustratie artinya sebagai hiasan dengan penciptaan atau gambar sesuatu yang jelas.

Pengertain Menurut Para Ahli

– Martha Thoma dalam Sofyan
Ilustrasi dalam hubungan dengan lukisan berkembang sepanjang alur yang sama dalam sejarah dan banyak hal lain, keduanya sama. Secara tradisional keduanya mengambil inspirasi yang berasal dair karya kesustraan, hanya saja lukisan dibuat sebagai oenghias dinding atau langit – langit atap dan ilustrasi dibuat untuk menghiasi naskah yang membantu menjelaskan cerita atau mencatat suatu pristiwa.

– Soedarso
Ilustrasi ialah seni gambar atau seni lukis yang diabadikan untuk kepentingan lain yang akan memberikan penjelasan atau mengiringi suatupengertian, seperti cerpen di majalah.

– Fariz
Ilustrasi ialah suatu akspetasi dari ketidak-mungkinan dan tidak beda jauh dnegan angan, sifatnya virtual atau maya, Ilustrasi bekerja datang dalam berbagai diverikasi.

– Kamus Besar Bahasa Indonesia
Ilustrasi ialah gambar untuk membantu memperjelas isi karangan, buku dan lain sebagainya; gambar, diagram atau desain itu untuk penghias (Seperti pada sampul dan lain sebagainya); (sebagai penjelas) tambahan yang berupa contoh, bandingan dan lain sebagainya untuk lebih memperjelas paparan.

– Rohidi
Gambar ilustrasi berhubungan dengan seni rupa aialh penggambaran dari suatu melalui elemen rupa utnuk lebih menjelaskan, menerangkan atau untuk memprindah sutau teks, supaya pembaca bisa ikut merasakan dengan langsung dengan mata sendiri, dari sifat gerak serta kesan dari cerita yang disajikan.

Fungsi Ilustrasi

  • Memberikan suatu bayngan masing – masing karakter dalam cerita
  • Memberikan suatu bayangan bentuk alat – alat yang digunakan dalam tulisan ilmiah.
  • Memberikan suatu bayangan dari langkah kerja.
  • Saluran atau jalan komuniksai cerita.
  • Suatu penghubung antara tulisan degan kreativitas serta indiviualitas manusia.
  • Memberikan humor tertentu utnuk mengurangi rasa bosan atau jenuh.
  • Dapat menjelaskan konsep yang disampaikan.

Secara fungsi ilustrasi ialah:

– Fungsi Ekspresif
Menunjukan dan menyatakan suatu gagasan, perasaan, situasi, maksud atau konsep yang abstrak dengan nyata sehingga akan lebih mudah untuk dipahami.

– Fungsi Deskriptif
Sebagai pengganti uraian pada suatu secara verbal dan naratif dnegan menggunakan kalimat panjang. Ini dapat digunakan utnuk menggambarkan atau melukiskan sehingga bisa lebioh cepat dan lebih mudah untuk difahami.

– Fungsi Kualitatif
Fungsi ini biasanya digunakan saat dalam pembuatan daftar, grafik, label, kartun, gambar, foto, simbol serta sketsa.

– Fungsi Analitis atau Struktura
Ilustrasi dapat memperlihatkan dengan rinci bagian demi bagian dari suatu benda atau sistem atau proses dengan detail supaay lebih mudah dipahami.

Tujuan Ilustrasi

Sebagai cara untuk menerangkan atau menghiasi suatu cerita, puisi, tulisan atau informasi tertulis lainnya. Dengan bantuan visual maka tulisan tersebut dapat lebih mudah dicerna.

Secara umum tujuannya ialah:

  • Menjelaskan pesan atau informasi yang ingin disampaikan.
  • Membuat variasi bahan ajar supaya lebih menarik, komunikatif, memotifasi serta pembaca akan lebih mudah untuk memahami pesan yang disampaikan.
  • Pembaca dapat dengan mudah mengingat konsep serta gagasan yang disampaikan.

Jenis Ilustrasi

– Dekoratif
Gambar yang fungsinya utnuk menghiasi sesuatu dengan bentuk yang disederhanakan atau dilebihkan dengan gaya tertentu.

– Naturalis
Gambar ilustrasi yang memiliki bentuyk serta warna yang sama dengan wujud nyata yang ada pada alam tanpa pengurangan atau penambahan.

– Karikatur
Gambar kritikan atau sindiran yang dalam wujudnya sudah terjadi penyimpangan proporsi tubuh, biasanya kita menemui gambar ini dalam koran atau majalah.

– Kartun
Gambar yang memiliki bentuk lucu atau memiliki ciri khas tertentu, baisanya menghiasi buku anak- anak seperti majalah, komik dan lain sebagainya.

– Cerita Bergambar
Cergam ailah sejenis komik atau suatu gambar yang diberi teks. Teknik gambar dibuat berdasarkan cerita dengan sudut pandang yang menarik.

– Khayalan
Gambar hasil olahan daya cipta dengan khayal atau imajinatif.

– Buku Pelajaran
Berfungsi utnuk menjelaskan teks atau suatu kejadian baik itu yang ilmiah atau berupa gambar bagian.

Teknik, Alat dan Bahan

Terdapat dua teknik dalam membuat iustrasi yaitu dengan teknik kering dan basah. Sperti biasa untuk membuat ilustrasi dnegan teknik kering kita membutuhkan pensil, kapur, arang dan lain sebagainya yang tidak membutuhkan air untuk menggunakannya. sedangkan bahan dan alat untuk teknik basah ialah tinta, cat, cat poster, cat akrilik dan lian sebagainya yang membutuhkan air untuk menggunakannya.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Fungsi, Jenis, Tujuan, Dan Teknik Ilustrasi Serta Alat Yang Digunakan, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...