Pengertian, Jenis, Faktor Penyebab Gejala Sosial Dan Dampaknya Pada Masyarakat

Pengertian, Jenis, Faktor Penyebab Gejala Sosial Dan Dampaknya Pada Masyarakat

Posted on

Pengertian, Jenis, Faktor Penyebab Gejala Sosial Dan Dampaknya Pada Masyarakat – Gejala sosial ialah masalah sosial yang menjadi pengaruh seta dipengaruhi dari perulakuk manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Gaja sosila juga bisa diartikan sebagai fenomena sosial. Munculnya hal ini karena diawali dnegan adanya perbahan sosial. Perubahan sosial yang tidak bisa dihindari namun sangat penting untuk mengantisipasinya.

Gejala sosial dalam penertian lain ialah sebagai suatu kejadian yang biasa terjadi pada lapisan masyarakat baik itu masyarakat modern atau tradisional.

Jenis – Jenis

– Ekonomi

Ekonomi ilaah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pendapatan. Tingkat pendapatan yang dapat setiap orang bisa menyebabkan gajala sosial dalam masyarakat. Dilihat dari segi ekonomi maka gejala sosial sangat berhubungan dengan perekonomian masyarakat. Jika terdapat seseorang yang kurang bisa untuk mencukupi kebutuhan sosial maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi beberapa gejala sosial di lingkungannya. Dari segi ekonomi, gejala sosial yang terjadi pada masyarakat ialah kemiskinan, kependudukan, pengangguran dan lian sebagainya.

– Budaya

Indonesia memiliki beragam budaya sehingga sudah sangat diharuskan kiwa untuk saling menghormati budaya lain. Dengan adanya keberagaman budaya tersebut jangan membuat persatuan yang sudah terjaga menjadi pecah. Tidak hanya dengan budaya di negeri kita ini, dnegan budaya dari negeri manapun kita harus saling menghormati. Beragamnya budaya yang kita miliki juga dapat menimbulkan gejala sosial seperti peniruan budaya asing yang bersifay negatif, kelakukan kenakalan remaja dan lain sebagainya.

– Lingkungan Alam

Ini berhubungan dengan aspek kesehatan, Jika seseorang etrserang penyakit bisa mengakibatkan gejala sosial di lingkungannya. Seperti gejala sosial yang terjadi pada lingkungan yang tercemar dan lain sebagainya.

– Psikologi

Tingkah seseorang dalan kehidupan terpengaruh dari aspek psikologi, jika orang tersebut mengalami gangguan jiwa dapat menyebabkan gejala sosial dalam masyarakat seperti aliran sesat, diorganisasi jiwa dan lain sebagainya

Faktor Penyebab

– Kultiral

Ialah nilai yang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan masyarakat atau kelompok. Contohnya seperti kerja baikti, kemiskinan, perilaku yang menyimpang dan lian sebagainya.

– Struktural

Ialah sebuah keadaan yang menjadi pengaruh struktur yang disusun oelh pola yang tertentu. Faktor ini bisa kita lihat dari pola hubungan sesama indinidu seta kelompoknya yang terjalin dalam masyarakat. Seperti interaksi antar individu, penyuluhan dan lain sebagainya.

Dampak Pada Masyarakat

– Dampak Positif

Kita harus menyikapi gejala sosial yang terjadi pada masyarakat dengan arif dan bijaksana. Bila kita terbuka serta mengimbangi perubahan yang terjadi maka perubahan tersebut akan memberikan dampak positif bagi kita semua. Hal ini dapat kita lihat dan rasakan dengan adanya kemajuan di bidang teknologi yang terjadi, salah satunya ialah teknologi dalam bidang kemunikasi seperti smartphone. Dengan alat ini kita dapat bertatap muka langusng dengan lawan bicara meski jarak yang begitu jauh antara penelfon dan yang ditelfon.

– Dampak Negatif

Jika seseorang tidak bisa menerima perubahan, ia akan mengalami sebuah guncangan atau kultur shock. Ketidak mampuannya untuk menghadapi gejala sosial akan membawa mereka pada perilaku menyimpang.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Jenis, Faktor Penyebab Gejala Sosial Dan Dampaknya Pada Masyarakat, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...