Pengertian, Sejarah, Fungsi Dan Unsur Dalam Film

Pengertian, Sejarah, Fungsi Dan Unsur Dalam Film

Posted on

Pengertian, Sejarah, Fungsi Dan Unsur Dalam Film – Dilihat dari kata, film atau cinema berasal dari kata cinematographie yang artinyta cinema atau gerak, phytos atau tho atau cahaya dan grhap atau graphie atau tulisan, gambar dan citra. Sehingga bisa diartikan bahwa film ialah mewujudkan gerak dengan cahaya. Melukis atau mewujudkan gerak dengan cahaya tersebut menggunakan alat yang khusus, biasanya dnegan menggunakan kamera.

Pengertian lain dari film ialah hasil cipta karya seni yang mempunyai kelengkapan dari beberapa unsur seni untuk melengkapi kebutuhan yang bersifat spiritual. Unsur seni yang terdapat dalam film dam menunjang sebuah film diantaranya ialah seni fotografi, seni rupa, tari, puisi, sastra, teater, pantomim, musik serta novel.

Pengertian Menurut Para Ahli

– Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI
Fil ialah selaput tipis yang dibuat dari seluoid untuk tempat gambar negatif atau tempat gambar positif. Tempat gambar negatif yang digunakan untuki potret sedangkan tempat gambar positif yang digunakan untuk film di bioskop.

– Effendi
Film ialah hasil budaya dan alat eksprei keseniam. Film sebagai alat kemunikasi massa ialah gabungan dari berbagai teknologi seperti fotografi dan rekaman suara. seni rupa, teater, sastra serta arsitektur dan musik.

– Kridalaksana
Film menurut Kridalaksana:
1. Lempabarn tipis, bening, mudah luntur yang dilapisi dengan antihalo dan digunakan untuk kebutuhkan fotografi.
2. Suatu alat media massa yang mempunyai sifat lihat dengar atau audio visual serta bisa mencapai orang banyak.

Sejarah

Film pertama kali diciptakan tahun 1805 oleh Lumiere Brother, Kemudian tahun 1899 George Melies mengawali penampilan film dengan gaya edit yang berjudul “Trip To The Moon”. Tahun 1902, Edwin Peter memproduksi film dnegan judul “Life Of In American Firemen”

Dinegara kita, fil pernah mengalami kejayaan sekitar era 70-an sampai 80-an, lebih tepatnya sebelum masuknya zaman broadcast TV tahun 1988. Semua masyarakat sangat menerima dalam menanggapi film yang ada, ini berhubungan dengan kualitas yang ditampilkan pada film uang dapat memenuhi kebutuhkan psikologi serta spriritual masyarakat.

Bioskop pertama kali ada di Indonesia yakni di Jakarta tepatnya di Tanah Abang, Kebon Jahe pada 5 Desember 1900. Akan tetapi tidak menjadi sebuah acuan tonggak sejarah perfilman Indonesia. Kesuksesan film ini tidak lepas dari terlibatnya Bupati Bandung pada saat itu, yakni Wiranatakusumah V.

Fungsi Film

– Film Berita
Ini ialah jenis film mengenai fakta atau kejadian yang memang benar terjadi. Karena sifatnya yang sebagai berita maka film yang ditampilkan harus mengandung berita. Berita yang terkandung harus penting dan menarik.

– Film Menarik
Ialah jenis film yang didalamnya terkandung cerita yang sudah biasa dipertontonkan di bioskop dengan aktor dan aktris terkenal serta didistribusikan sebagai barang jual beli. Ceritanya menjadi topik film bisa berbentuk cerita fiktif atau berdasarkan dari kisah nyata yang sudah dimodifikasi. Sehingga memiliki unsur menarik dan jalan ceritanya lebih baik atau artistik.

– Film Kartun
Ialah film yang diproduksi untuk anak-anak.

– Film Dokumenter
Ialah karya cipta mengenai kenyataan, ini tidak sama dnegan film berita yang merupakan hasil dari rekaman kenyataan, film ini ialah hasil dari interpretasi pribadi atau sang pembuat film mengalami hal tersebut.

Unsur Dalam Film

  • Memiliki produser
  • Memiliki sutradara
  • Sang penulis skenarip
  • Sang kameraman atau penata kamera
  • Art Director
  • Penata Musik
  • Memiliki editor
  • Penata dan Pengisi suara
  • Aktris dan Aktor

Itulah sekilas tentang Pengertian, Sejarah, Fungsi Dan Unsur Dalam Film, terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.

Baca Juga >>>


Loading...