Perkembangan Janin Usia Empat Bulan

Perkembangan Janin Usia Empat Bulan

Posted on

Perkembangan Janin Usia Empat Bulan – Saat janin berusia empat bulan biasanya sudah mulai menunjukan banyak perubahan pada janin dan juga sang ibu. Pada usia ini kehamilan sudah memasuki trimester kedua. Bentuk janin sudah semakin jelas seperti bayi meski beratnya baru 25 gram diawal bulan smpai 130 gram saat kahir bulan ke empat. Detail bagian-bagian tubuh sudah mulai jelas dan janin sudah mulai melakukan gerakan-gerakan kecil.

Perubahan fisik juga dialami sang ibu seperti jantung yang harus bekerja lebih keras untuk menyuplai darah untuk janinnya yang sudah mulai tumbuh, bagian pelvis yang adan terasa berisi seperti terdapat bola lunak di dalamnya. Berat badan sang ibu juga akan meningkat.

Kepala janin masih lebih besar dari anggota tubuh lainnya seperti tangan, kaki dan lainnya sehingga belum proporsional. Mata dan telingan yang tadinya belum pada tempat yang sebenarnya sudah berapa diposisi yang seharusnya. Bentuk mata yang semakin baik dan tulang semakin padat. Janin sudah mulai bergerak – gerak dan menghisap jarinya. Sudah dapat menguap, menggeliat dan bahkan sudah dapat menampakkan ekspresi wajah. Pada usia ini sudah dapat kita lihat perkembangannya dengan pemeriksaan USG.

Saat trimester kedua janin sudah berukuran 7,5 cm dengan berat teringan 25 gram dan akan tumbuh dnegan cepat menjadi 110 gram. Saat minggu ke 13 jari – jari tangan dan kaki sudah mulai terbentuk. Organ dalam sudah terlihat bentuknya, seperti paru – paru, pankreas, hati, usus dan lainnya sebagainya, Pada mulut juga sudah mulai mumcul tunas gigi dan pita suara sudah mulai terbentuk. Dan hal yang paling ditunggu sang ibu ialah pada bulan ini janin yang sudah mulai bergerak dapat melakukan tendangan – tendangan kecil sehingga ibu akan merasakan hal yang sangat berkesan.

Pada minggu ke 14 yang ditandai degan telingan yang sudah berada pada posisinya. Janin sudah berukuran 9cm dan berat sekitar 40 gram. Leher sudah tumbuh panjang sehingga kepala bagian dagu sudah tidak lagi menyatu dengan bagian dada. Sang janin sudah mulai merespon rangsangan dari luar meski sang ibu tidak merasakan atau masih sulit merasakan saat respon itu dilakukan sang janin. Jari – jari sudah muelai terdapat sidik jarinya.

Saat minggu ke 15 ukuran janin mencapai panjang 10 cm dan beratnya 70 gram. Rambut janin sudah mulai tumbuh sedikit – sedikit dan janin sudah tidak terlihat botak. Rambut – rambut pada bagian lainnya juga sudah mulai tumbuh seperti alis dan bulu mata. Kaki dan tangan bertambah panjang dan smeuanya dapat bergerak dan janin sudah lebih lancar untuk menghisap jarinya. Pada minggu ke 15 alat kelamin sang janin sudah mulai terbentuk namun sang ibu dan sang ayah harus bersabar untuk mengetahui jenis kelamin snag janin karena belum terlihat dnegan jelas apa jenis kelamin sang janin.

Pada usia kehamilan 16 minggu maka akan menunjukan perkembangan yang semakin cepat dari pada minggu – minggu sebelumnya. Ukuran janin sudah mencapai 11,5 cm dan berat badannya sudah lebih dari 100 gram. Gerakan yang dilakukan sudah mulai lebih kuat terlebih saat anda mengusap perut anda, Permukaan tubuh janin sudah diselimuti oleh rambut – rmabut halus atau lanugo. Plasenta sudah terbentuk secara sempurna dan fungsinyapun sudah sempurna.

FIsik sang ibu juga mengalami perubahan terutama pada bagian perut, pada bagian tubuh lainnya juga sudah mengalami perubahan seperti bagian puting warnanya sudah mulai menggelap. Ibu juga akan mengalami peningkatan volume darah utnuk mendukung perkembangan janin, karenanya jantung akan bekerja dnegan lebih ekstra untuk memenuhi asupan darah ke seluruh tubuh. Hal ini bisa saja menyebabkan mimisan dan pembuluh darah pada kaki akan terlihat jelas.

Sang ibu biasanya akan mengalami sesak nafas seperti pada minggu – minggu awal kehamilan akan tetapi tidak perlu khawatir karena ini merupakan hal yang wajar itu karena kapasitas paru – paru akan berkurang dan ini akan membuat ibu mudah lelah karenanya harus banyak istirahat dan jangan melakukan aktivitas berat.

Ibu juga akan merakan panas pada jantung dan terkadang akan menaglamai pusing dan muntah. Kesehatan sang ibu harus benar – benar di jaga, asupan untuk sang ibu juga harus benar – benar di perhatikan karena itu smeua akan mempengaruhi keadaan sang janin yang ada dalam kandungan anda.

Itulah sekilas Perkembangan Janin Usia Empat Bulan, terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel bermanfaat lainnya.

Baca Juga >>>


Loading...