Pengertian Filtrasi (Penyaringan), Sentrifugasi, Evaporasi, Distilasi, Dan Cara Pemisahan Campuran

Posted on

Pengertian Filtrasi (Penyaringan), Sentrifugasi, Evaporasi, Distilasi, Dan Cara Pemisahan Campuran – Campuran ialah gabungan dari atau lebih dari zat. Dalam campuran dapat terdiri dari beberapa unsur atau senyawa. Komponen penyusun suatu campuran bia dipisahkan menurut sifat sidika zat yang mneyusunnya. Campuran terbagi manjadi dua macam yakni campuran heterogen dan campuran homogen.

Pengertian Filtrasi (Penyaringan), Sentrifugasi, Evaporasi, Distilasi, Dan Cara Pemisahan Campuran

Campuran jenis heterogen komponennya bisa kita bedakan dengan kasat mata, sehingga kita bisa mengetahui komponen penyusunnya dengan tanpa melakukan tindakan khusus. Campuran ini biasanya digunakan untuk memisahkan campuran antara lain filtrasi, dekantasi, sentrifugasi, evaporasi, distilasi, sublimasi, kromatografi, ekstraksi, contoh pisah dan daya tarik magnet.

Penyaringan atau Filtrasi

Ini adalah suatu teknik penyaringan yang bisa dipakai untuk memisahkan campuran yang ukuran partikel zat penyusunnya tidak sama. Seperti saat kita membuat santan kelapa, santan dibuat dengan memisahkan santan, air dan ampas kelapa dengan menggunakan sebuah saringan.

Dengan saringan yang mempunyai pori-pori kecil, santan akan dapat melewati lubang saringan tersebut dan ampasnya akan tertahan didalam saringan. Begitu juga saat kita membuat teh, kita rendam teh di dalam air panas kemudian menyaringnya sehingga teh akan terpisah dari daun teh.

Sentrifugasi

Suspensi yang suspensi partikel penyusunnya sangat halus tidak dapat dipisahkan dengan penyaringan atau filtrasi. Partikel zat yang bisa melewati saringan atau bahkan menutupi lubang pori-pori saringan sehingga cairan tidak bisa untuk melewatinya.

Cara untuk memisahkan suspensi dapat likakukan dengan membiarkan sampai mengendap. Setelah beberapa waktu, partikel-partikel tersebut akan mengendap dan cairan bisa dituang, Namun banyak pertikel yang suspensinya terlalu kecil untuk disaring akan tetapi tidak bisa mengendap. Ini karena pertikel-pertikel padatan tersebut dipengaruhi oleh gerakan padatan molekul cairan yang sangat cepat.

Suspensi yang sulit untuk dapat dipisahkan bisa kita pisahkan dengan cara sentrifugasi. Tabung digunakan sebagai wadah suspensi dikunci pada rotor atau gagang untuk mengitari suatu alat atau sebuah mesin pemutar. Batang vartikel yang berada ditengahnya akan dipuitar dengan memakai motor listrik. Batang akan berputar dengan sangat cepat, tabung akan mengayun dengan cepat akan tetapi mulut tabung akan terus menghadap ke tengah.

Sentrifugasi paling kecil akan berputar dengan kecepatan 2000 putaran per menit. Cara ini digunakan untuk memisahkan susu untuk menjadi susu skim atau susu krim, dan cara ini juga dapat digunakan untuk memisahkan darah.

Penguapan

Seperti yang kita ketahui bahwa garam bisa kita dapatkan dari air laut dengan cara penguapan atau evaporasi. Dalam penguapan, larutan akan dipanaskan sehingga zat pelarutnya menguap kemudian meninggalkan zat terlarut. Proses ini bisa terjadi akrena zat terlarut mempunyai titik didih yang lebih tinggi dari pada zat pelarutnya.

Penyulingan atau Distilasi

Ini cara untuk memisahkan campuran dengan cara penguapan yang diikuti dengan pengembunan. Awalnya campuran yang akan dipisahkan akan dipanaskan sampai diatas titik didih zat yang dipanaskan. Karenanya zat yang akan dipisahkan mempunyai titik didih yang lebih rendah dari larutannya sehingga zat tersebut akan menguap terlebih dahulu. Uap yang sudah tercipta akan didinginkan sehingga akan menjadi cairan, cairan tersebut akan ditampung dalam wadah sebagai distilat.

Sublimasi

Ini adalah proses pemisahan campuran yang bisa digunakan untuk memisahkan komponen yang menyublim dari campurannya yang tidak bisa menyublim. Suatu zat yang bisa menyublim ialah kapur barus, akpur barus ialah zat yang bisa menyublim jika kita panaskan. KArenanya kapur ini jika kita campurkan dengan zat pengotor seperti pasir maka dapat kita pisahkan dengan menyublimnya.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Filtrasi (Penyaringan), Sentrifugasi, Evaporasi, Distilasi, Dan Cara Pemisahan Campuran, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...