Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri Dan Jenis Pembuluh Balik Vena

Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri Dan Jenis Pembuluh Balik Vena – Berikut ini Penjelasan tentang Pembuluh Balik Vena

Pembuluh Balik atau Vena

Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri Dan Jenis Pembuluh Balik Vena

Vena ialah suatu pembuluh yang berfungsi sebagai pembawa darah menuju jantung. Darah yang diangkut mengandung karbondioksida dan biasanya berada didekat permukaan tubuh dan terlihat kebiru-biruan. Dinding pembuluhnya tidak elastis dan tipis, berukuran lebih kecil dari pembuluh nadi, ini karena darah yang dalam perjalanan kembali menuju jantung memiliki tekanan yang sangat kecil bahkan tidak terasa.

Pembuluh ini mempunyai katup disepanjang pembuluhnya, ini berfungsi agar darah tetap menaglir satu arah. Dengan adanya katup tersebut maka aliran darah akan mengalir menuju jantung dan jika terjadi luka darah tidak akan memancar namun akan mengalir kaluar karena tekanannya tidak terasa atau rendah.

Dalam tubuh pembuluh akan menjadi satu pembuluh balik yang besar atau disebut dengan vena cava. Pembuluh ini akan masuk jantung melewati serambi kanan. Bila sudah terjadi pertukaran gas pada paruparu darah akan mengalir menuju jantung lagi melewati vena paru-paru. Vena akan membawa darah yang mengandung oksigen jadi darah yang terdapat pada vena mengandung karbondioksida kecuali pada vena pulmonalis. Padam manusia penyakit yang menyerang pembuluh ini ialah varises.

Fungsi Vena

Fungsi dari Vena ialah membawa atau menyalurkan darah dari seluruh tubuh menuju jantung.

Ciri-Ciri Vena

  • Memiliki dinding yang tipis dibandingkan pembuluh arteri
  • Tidak elastis dan memiliki diameter lebih besar dai pembuluh nadi atau arteri
  • Berada tidak jauh dari permukaan tubuh dan terlihat berwarna kebiru0biruan
  • Memiliki ukuran diameter hingga 1,5 cm
  • Banyak terkandung karbondioksida didalamnya kecuali vena pulmonalis
BACA JUGA :   Pengertian Bakteri Salmonella dan Ciri-Ciri Bakteri Salmonella

Jenis-Jenis Pembuluh Vena

– Vena Cava Superior atau Pembuluh Balik Besar Bagian Atas
Ini berfungsi sebagai penerima dan pengangkut darah dari bagian atas tubuh yaitu lengan dan kepala.

– vena Cava Inferior atau Pembuluh Balik Besar Bagian Bawah
Ini berfungsi sebagai penerima dan pengangkut darah dari bagian tengah yakni badan dan kaki.

Selain vena cava, vena terbagi lagi menjadi empat jensi, yakni:

– Vena Pulmonalis
Vena ini berfungsi sebagai wadah darah yang mengandung oksigen yang dihirup oleh paru untuk dibawa oleh pembuluh vena ini kejantung. Pumbuluh ini diebut juga dengan vena paru-paru yang terbagi dalam dua jenis pembuluh yakni vena pulmonalis kanan dan vena pulmonalis kiri.

– Vena Cava
Vena cava ini berfungsi untuk membawa darah dari tubuh ke jantung bagian atrium kanan. Vena ini disebut juga dengan vena sistemik. Vena cava terbagi dalam dua jenis yakni vena cava superior dan vena cava inferior.

– Vena Supervisialis
Ini merupakan jenis pembuluh balik vena cava yang terletak dibawah kulit dan tidak berada dekat dengan pembuluh arteri. Pembuluh ini sering disebut dengan Cutanea. Kalian yang biasa diambil darah untuk keperluan cek kolesterol, gula darah dan lainnya makan akan ditusuk di pembuluh ini.

– Vena Dalam
Deep Vein ialah pembuluh darah balik yang bersampingan dengan pembuluh arteri, sama-sama disimpan di pembungkus dan tidak terlihat dengan mata telanjang.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri Dan Jenis Pembuluh Balik Vena, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka