Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri Dan Manfaat Seni Sastra

Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri Dan Manfaat Seni Sastra

Posted on

Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri Dan Manfaat Seni Sastra – Sastra atau yang lebih dikenal dengan kesustrataan ialah salah satu bentuk seni yang menampilkan keindahan tutur kata dan cerita. Selain pengertian secara umum, kita juga akan membahas tentang pengertian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Menurut Kamus Besar Bahada Indonesia atau KBBI, ialah:

– Seni Sastra

Seni sastra berasal dari dua kata yakni seni dan sastra. Seni berarti ungkaoan perasaan manusia yang memiliki nilai keindahan, dan sastra ialah kata serapan yang berasal dari Bahasa Sansekerta yang berarti penduan, pedoman atau perintah dalam bentuk tulisan atau teks atau suara. Kesimpulannya, seni sastra ialah suatu tulisan atau cerita yang berasal dari ungkapan perasaan manusia yang memiliki nilai keindahan.

– Kesusastraan atau Seni Sastra

Ini ialah sesuatu yang berbentuk cerita atau tulisan yang memiliki nilai seni dan budaya yang menampilkan keindahan tutur dan bahasa untuk menyampaikan arti tertentu.

– Sastra

Sastra ialah bahasa yang digunakan dalam kitab-kitab dan bukan merupakan bahasa sehari-hari. BErikutnya sastra juga bisa diartikan sebagai karya tulis yang jika dibandingkan denga tulisan lain maka memiliki ciri keunggulan, seperti keasliannya, keartistikan serta keindahan dalam isi atau ungkapan.

Fungsi Seni Sastra

– Menyampaikan Pesan Moral

Dalam suatu karya sastra terselip pesan moral pada beberapa bagian seperti pada awal kalimat, tengah atau pada akhir karya. Pesan moral tersebut ada yang menyampaikan dengan langsung dan ada juga yang secara tersembunyi. Ini bertujuan agar pembaca atau oenikmat dari karya sastra tersebut memiliki pandangan atau akan bertindak dan berperilaku seperti ajakan dari sang pembuat karya.

– Menyampaikan Kritik

Ada juga karya sastra yang emng disengaja dibuat untuk menyampaikan kritik, baik itu kritik sosial, ekonomi, politik dan lainnya. Ini bertujuan supaya penikmat seni memiliki kesadaran mengenai kritik tersebut dan dapat melakukan tindak lanjut.

– Membuat Rasa Nasionalisme Bangkit

Karya sastra membuat rasa nasionalisme bangkit dengan melalui sugesti yang diterima para penikmat kemudian sugesti tersebut diperkuat dengan ditenamkannya nilai seta semangat kebangsaan.

– Pelestarian Budaya

Sastra ialah salah satu sarana untuk melestarikan budaya yaitu budaya yang berasal dari lisan kemudian diabadikan melalui tulisan.

– Sarana Pendidikan

Dengan tidkak langusng, seseorang yang sudang atau telah menikmati karya sastra juga mempelajari nilai, norma dan ajaran budi pekerti yang bersifat luhur.

Ciri-Ciri

– Berupa Bahasa

Seni sastra yang berupa bahasa ialah yang memiliki maksud sastra berbentuk ungkapan, cerita atau kata-kata maupun gaya bahasa.

– Berupa Ungkapan Perasaan

Seni sastra yang berupa ungkapan perasaan ialah yang memiliki maksud sastra berbentuk buku, kitab, karangan maupun tulisan.

– Yang Tertuang Dalam gagasan Atau Nilai

Ini artinya sastra yang berbentuk pedoman, ajaran, pendidikan maupun perintah.

Manfaat

  • Menampilkan kebenaran hidup yang berupa kisah di dalamnya.
  • Memperkaya nilai kerohanian bagi para penikmatnya.
  • Melewati semua batas bangsa dan zaman. Karya sastra dari suatu negara dapat trkenal d negara lain meski sudah ditulis dalam waktu ratusan tahun lalu.
  • Bahasanya yang indah dan menarik. Dengan bahasa yang indah maka akan cepat melekat pada para penikmatnya.
  • Berisikan budaya sehingga bisa menjadikan panikmatnya manusia yang berbudaya.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri Dan Manfaat Seni Sastra, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...