Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis Dan Manfaat Pasar Modal Serta Peran Pasar Modal Dalam Perekonomian Nasional

Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis Dan Manfaat Pasar Modal Serta Peran Pasar Modal Dalam Perekonomian Nasional

Posted on

Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis Dan Manfaat Pasar Modal Serta Peran Pasar Modal Dalam Perekonomian Nasional – Pasar modal ialah suatu pasar yang mempertemukan pihak yang memiliki kelebihan dana dan pihak yang sedang membutuhkan dana. Dalam pebegrtian lain, pasar modal ialah suatu pasar untuk perdagangan dana dengan jangka waktu panjang yakni brupa obligasi atau saham. Dana yang mereka tawarkan dalam pasar modal ialah dana yang berbentuk surat berharga atau sekuritas atau yang mempuyia efek waktu jatuh tempo lebih dari satu tahun. Pasar ini sering kita kenal dengan bursa efek, bursa efek ialah tempat bertemunya penjual dan pembeli surat berharga.

Tujuan

  • Mengumpulkan seuatu kesempatan pada masyarakat untuk meningkatkan suatu pertumbuhan ekonomi.
  • Memberikan suatu kesempatan pada masyarakat untuk ikut mempunyai perusahan serta ikut nemikmati keuntungannya.

Fungsi

– Menambah Modal Usaha

Perusahaan bisa mendapatkan dana tambahan dengan menjual daham ke pasar modal. Saham-saham tersebut selanjutnya akan dibeli oleh masyarakat umum, suatu lembaga, perusahaan lain atau oleh pemerintah.

– Pemerataan Pendapatan

Dalam kurun waktu tertentu, saham yang sudah dibeli akan memberikan bagian dari keuntungan perusahaan pada para pembelinya. Karenaya penjualan saham dengan pasar modal dapat dianggap sebagai suatu sarana pemerataan pendapatan.

– Peningkatan Kapasitas Produksi

Dengan modal tambahan yang didapatkan dari pasar modal, sehingga produktivitas perusahaan menjadi tinggi atau meningkat.

– Menciptakan Tenaga Kerja Baru

Dengan pasar modal maka akan mendorong muncul serta berkembangnya industri lain yang akan memberikan dampak terciptanya lapangan pekerjaan yang baru.

– Meningkatkan Pendapatan Negara

Masing-masing dari bagian keuntungan perusahaan yang diberikan pada pemegang saham akan dikenai pajak oleh pemerintah. Dengan begitu ada pemasukan dari pajak maka akan meningkatkan pendapatan untuk negara.

– Pengukur Perekonomian Negara

Kegiatan serta volume penjualan atau pembelian di pasar modal yang padat atau meningkat bisa memberikan indikasi bahwa kegiatan bisnis perusahaan bisa berjalan dengan baik dan sebaliknya.

Jenis-Jenis

– Pasar Perdana

Ini adalah salah satu jenis pasar modal, tempat dilaksanakannya penawaran efek oleh indikasi penjamin emisi serta agen penjualan terhadap para investor publik.

– Pasar Sekunder

Ini ialah efek-efek yang sudah dicatat pada bursa efek yang dijual-belikan. Dalam pasar ini ditawarkan sebuah kesempatan kepada para investor untuk membeli atau menjual efek-efek yang telah tercatat di bursa setelah penawaran perdana sudah terlaksana. Dalam pasar sekunder efek-efek di jual dari satu investor ke investor lain.

Manfaat Pasar Modal

  • Penyedia sumber pembiayaan dalam janga wakut yang panjang untuk dunia usaha dan sangat memungkinkan alokasi dana dengan optimal.
  • Wahana investasi yang banyak unttuk para investor sehingga sangat mungkin untuk melaksanakan divesifikasi. Jalan lain investasi untuk memberikan potensi penghasilan dengan tingkat resiko yang bisa kita perhitungkan.
  • Penyedia leading indicator untuk perkembangan perekonomian suatu negara. Penyebaran kepemilikan sebuah perusahaan sampai pada lapisan masyarakat menengah.

Peran Pasar Modal Dalam Perekonomian Nasional

  • Lembaga perantara keuangan selain bank.
  • Memberi kemungkinan aktivitas bisnis untuk mendapatkan dana dari pihak lain dalam rangka memperluas usaha.
  • Memberi kemungkinan aktivitas bisnis untuk menjadi pemisah operasi bisnis dan ekonomi dari kegiatan keuangan.
  • Memberikan peluang bagi para pemegang efek untuk mendapatkan likuiditas dengan menjual surat berharga yang dimiliki pada pihak lain.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis Dan Manfaat Pasar Modal Serta Peran Pasar Modal Dalam Perekonomian Nasional, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...