Pengertian, Fungsi dan Keuntungan Hotspot serta Tips Aman Cara Penggunaannya

Pengertian, Fungsi dan Keuntungan Hotspot serta Tips Aman Cara Penggunaannya

Posted on

Pengertian, Fungsi dan Keuntungan Hotspot serta Tips Aman Cara Penggunaannya – Kali ini kita akan membahas tentang hal yang sangat dekat dengan kita dizaman sekarang,yups apa lagi kalau bukan Hotspot dan WiFi. Hampir disetiap tempat umum menyediakan fasilitas yang satu ini karena hampir semua orang sekarang menggunakan layanan ini untuk memenuhi kebutuhannya, mulai dari anak kecil hingga oang dewasa.

Hotspot

Hotspot merupakan salah satu istilah untuk sebuah aea dimana user atau orang dapat mengakses jaringan internet jika ia menggunakan laptop, PC atau perangkat lainnya yang mendukung fitur WiFi atau Wireless Fidelity sehingga kita dapat mengakses internet tanpa menggunakan kabel.

Dalam pengertian lain, Hotspot ialah wilayah seoang client bisa terhubung dengan internet dengan wireless nirkabel atau tanpa menggunakan kabel dari laptop, PC. gadget atau notebook yang dimiliki dalam radius kuang lebih beberapa meter dari pusat jaringan, tegantung dari kekuatan frekuensi atau signal yang digunakan.

Fungsi Hotspot

Fungsi dari Hotspot sendiri ialah kalian dapat mengakses internet seperti akan melakukan browsing, chatting, mengirim e-mail, transaksi antar bank, mengunduh film atau musik dan lain-lain tanpa harus repot membawa kabel, sehingga kalian dapat melakukannya sambil berbincang dengan teman atau hangout, duduk santai, bahkan saat kita sedang bertemu dengan rekan bisnis kita.

WiFi

WiFi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity yang merupakan sebutan untuk standar jaringan atau network nirkabel dengan menggunakan frekuensi radio yang sering kita kenal dengan Radio Frequency atau RF. Tadinya saat awal WiFi hanya diperuntukan bagi penggunaan perangkat tanpa kabel atau jaringan tanpa kabel dan LAN atau Local Area Network, akan tetapi sekarang WiFi lebih banyak digunakan untuk mengakses jaringan internet.

Sehingga dengan begini sangat mungkin jika kita memiliki komputer atau perangkat apapun yang dilengkapi dengan fitur wireless cad atau PDA atau Personal Digital Assistant untuk dapat terhubung dengan jaringan internet dengan menggunakan titik akses atau yang lebih sering kita kenal dengan Hotspot.

Keuntungan Dengan Menggunakan WiFi

Dengan menggunakan WiFi, kita jadi akan merasakan praktis dimana komputer atau perangkat kita bisa terhubung dalam jaringan internet tanpa menggunakan atau membutuhkan kabel untuk dapat terhubung.

Tips Agar Aman Saat Menggunakan Hotspot Supaya Aman

Cara menggunakan layanan yang satu ini agar aman diantaranya :

  • Kita tidak boleh mengaktifkan file shaing folder PC atau laptop kita, bila kita terhubung dengan jaringan publik, karena hal ini sangat memungkinkan orang lain juga bisa mengakses folder yang kita sharing.
  • Silahkan matikan shaing printer laptop atau PC.
  • Harus selalu mengaktifkan anti virus dengan update yang terbaru.
  • Jangan begitu mudah membagi usename dan pasword kita kepada setiap orang.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Fungsi dan Keuntungan Hotspot serta Tips Aman Cara Penggunaannya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...