Pengertian, Macam dan Fungsi Latar

Pengertian, Macam dan Fungsi Latar

Posted on

Pengertian, Macam dan Fungsi Latar – Untuk artikel kali ini kita akan membahas tentang Latar, mulai dari macam hingga fungsi dari latar. Untuk lebih memahami tentang bahasan kita sekarang mari kita mulai dari pengertian lata.

Latar

Latar merupakan suatu keterangan tentang ruang, waktu dan suasana saat terjadinga kejadian atau peristiwa dalam suatu karya sastra atau dalam pengertian lainnya, Lata merupakan untuk intinsik dalam karya sastra yang meliputi suang. waktu dan suasana yang terjadi pada suatu kejadian atau peristiwa dalam karya sastra.

Atau dapat juga diartikan sebagai semua keterangan, petunjuk peng-aluan yang berhubungan dengan suatu ruang waktu dan suasana. Latar sendiri diantaanya meliputi penggambaran tentang letk geografis, kesibukan tokoh atau pelaku, waktu dari berlakunya peristiwa, musim, lingkungan agama, intelektual, moral, sosial dan keadaan emosional pelaku atau tokoh.

Macam-Macam Dari Latar

Macam atau jenis latar diantaranya ialah :

– Latar Tempat

Latar tempat merupakan dimana tempat pelaku atau tokoh mengalami kejadian atau peristiwa di dalam cerita. Seperti contohnya sang tokoh atau pelaku sedang dalam gedung, dalam hutam, dalam lautan, dalam kamar, dalam ruang kelas, dalam kantin, dalam kapal pesiar, dalam perahu, dalam pesawat, dalam mobil dan lain sebagainya yang menerabgkan sebuah lokasi atau tempat yang dimaksud.

– Latar Waktu

Latar waktu merupakan dasar yang meneragkan waktu saat tokoh atau pelaku melakukan sesuatu pada saat kejadian atau peristiwa dalam cerita yang sedang atau telah terjadi, contohnya pada pagi hari, siang, soe, malam, petang, dini hari, zaman dahulu, masa depan, sekarang dan lain sebagainya.

– Latar Alat

Lata alat merupakan dasar yang menerangkan peralatan apa saja yang dibutuhkan atau diperlukan atau dipakai oleh pelaku atau tokoh dalam suatu cerita, contohnya seperti golok, pisau, jarum, sapu, kuas, pedang, senapan, pena, pemsil, komputer, mesin ketik, laptop, HP, gelas, piring. kompor, gayung dan lain sebagainya.

– Latar Suasana

Latar suasana merupakan dasar yang menerangkan situasi apa saja yang terjadi saat sang pelaku atau tokoh melakukan suatu hal, contohnya seperti sang tokoh sedang bingung, galau, gembira, sedih, lelah, semangat, lesu dan lain sebagainya.

Fungsi Dari Latar

Latar sendiri berfungsi untuk memberikan suatu gambaran yang jelas agar sebuah peristiwa atau kejadian – kejadian yang terjadi pasa suatu karya sastra terasa benar – benar terjadi atau sebagai dasar yang memberikan informasi yang jelas tentang situasi dalam sebuah cerita atau karya sastra.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Macam dan Fungsi Latar, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...