Pengertian Protein, Rumus Kimia Protein dan Struktur Kimia Protein

Posted on

Pengertian Protein dan Rumus Kimia Protein – Kesempatan kali ini kita akan membahas seputar protein. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Protein

Protein berasal dari bahasa Yunani yaitu protos dari bahasa yang berarti “yang paling utama”. Protein adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer asam amino yang dihubungkan satu dengan lainnya dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang sulfur serta fosfor. Protein sendiri berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup & virus.

Kebanyakan protein merupakan enzim atau subunit enzim. Jenis dari protein lain berperan dalam fungsi struktural atau mekanis, misalnya protein yang membentuk batang serta sendi sitoskeleton. Protein juga terlibat dalam sistem imun sebagai antibodi, sistem kendali dalam bentuk hormon, sebagai komponen penyimpanan (dalam biji) serta dalam transportasi hara. Sebagai salah satu sumber gizi, protein juga berperan sebagai sumber asam amino bagi organisme yang tidak mampu membentuk asam amino tersebut (heterotrof).

Protein merupakan salah satu dari biomolekul raksasa, selain polisakarida, lipid dan polinukleotida, yang merupakan penyusun utama dari makhluk hidup. Selain itu, protein juga merupakan salah satu molekul yang paling banyak diteliti dalam biokimia. Protein sendiri ditemukan oleh Jöns Jakob Berzelius pada tahun 1838.

Rumus Kimia Protein

Rumus kimia protein adalah sebuah kumpulan dari asam amino diantaranya yaitu polipeotida tetapi memiliki rantai yang cukup jauh dan lebih panjang. Protein ini juga mengandung satu polipeptida yang panjang dan kemudian mempunyai banyak macam rantai yang bercabang. Sementara itu polipeptida rantai yang pendek yaitu rantai=20-30 yang biasanya tidak tergolongkan menjadi protein serta disebut dengan polipeptida saja.

Protein ini juga dapat terbentuk mulai dari ikatan peptida yang menjadi proses reaksinya yaitu sebagai berikut :

Rumus-Kimia-Protein
Kiri: dua molekul Asam amino; Kanan: terbentuknya polipeptida

Reaksi tersebut juga berlangsung untuk banyak asam amino, sehingga beberapa jenis rantai yang terbentuk yaitu polipeptida panjang berupa protein. Struktur protein lain yaitu sebagai berikut :

Triose-Phospate
Struktur dari Triose Phospate Isomerase menggunakan tiga model visualisasi berbeda

Struktur Kimia Protein

Protein ialah senyawa organik kompleks yang tersusun dari unsur Karbon(C), Hidrogen (H), Oksigen (O), Nitrogen (N) dan kadang-kadang mengandung zat Belerang (S),dan Fosfor (P).

Protein merupakan makromolekul yang terdiri dari satu atau lebih polimer. Setiap Polimer tersusun dari monomer yang di sebut asam amino. Dan masing-masing asam amino mengandung satu atom Karbon (C) yang mengikat satu atom Hidrogen(H), satu gugus amin (NH2), satu gugus karboksil (-COOH),dan lain-lain (Gugus R).

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang Pengertian Protein dan Rumus Kimia Protein, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

Related posts: