Pengertian dan Kandungan Laut Lengkap

Pengertian dan Kandungan Laut Lengkap

Pengertian dan kandungan laut lengkap – Apa kalian tahu kenapa kenapa air laut asin ?? semua pasti bertanya kenapa air laut asin. Untuk menghilangkan penasaran kalian tentang kenapa air laut yang asin. Dalam artikel kali ini akan mengulas tentang Pengertian dan kandungan laut lengkap.

Pengertian dan Kandungan Laut Lengkap

A. Pengertian Laut

Laut ialah suatu kumpulan air asin dalam jumlah yang sangat banyak dan sangat luas yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau. Jadi laut merupakan air yang menutupi permukaan tanah yang sangat luas dan umumnya laut mengandung garam dan berasa asin. Biasanya air yang ada di darat akan mengalir dan bermuara ke laut.

Indonesia mempunyai wilayah perairan laut yang sangat luas dan saat ini kondisinya kurang terjaga sehingga mudah mendatangkan ancaman sengketa batas wilayah dengan negara tetangga. Untuk landas kontinen, negara kita berhak atas semua kekayaan alam yang terdapat di laut sampai dengan kedalaman 200 meter. Batas laut teritorial sejauh 12 mil dari garis dasar lurus dan perbatasan laut zona ekonomi ekslusif atau ZEE sejauh 200 mil dari garis dasar laut.

B. Air Laut

1. Rasa Air Laut

Sebetulnya rasa air laut itu berasal dari daratan. kronologinya, saat terjadi hujan di daratan, air akan meresap dalam tanah dan sedikit demi sedikit akan keluar lagi melalui sungai-sungai yang akhirnya mencapai laut. Nah pada saat perjalanan air menuju ke laut tersebut, air dari daratan juga membawa mineral sehingga laut menjadi dipenuhi oleh garam-garam mineral.

Kita tahu bahwa laut memiliki suatu permukaan yang sangat luas sehingga hal ini menjadi salah satu faktor penguapan dalam jumlah besar, saat air laut menguap, yang menguap hanya air atau H2O sedangkan garam-garam mineral akan tetap tinggal bersama air laut, karena itu maka air laut rasanya asin. Kadar keasinan air laut dipengaruhi oleh faktor suhu, biasanya semakin panas daerah tersebut maka air lautnya semakin asin.

BACA JUGA :   12 Tanda-Tanda Globalisasi Dalam Kehidupan Nyata

Nah sekarang kalian tahu tho kenapa air lau asin. Sekarang pasti kalian bertanya kenapa air laut tidak asin padahal sama – sama berada diatas permukaan yang luas.

Berikut penjelasannya:

Jawabannya ialah, karena permukaan air danau tidak cukup luas sehingga penguapannya tidak begitu besar, maksudnya air yang menguap dengan air yang masuk ke danau masih seimbang dan sumber mineralnya sangat terbatas, berbeda dengan laut yang sumber mineralnya berasal dari berbagai penjuru dunia menjadi satu.

2. Kandungan Garam Dalam Air Laut

Air Laut mempunyai kadar garam dengan rata-rata 3,5 %. Artinya dalam 1 liter atau 1000 mL air laut terdapat 35 garam (terutama, tapi tidak seluruhnya, merupakan garam dapur atau NaCl).

Meskipun hampir seluruh air laut di dunia mempunyai kadar garam sekitar 3,5 %, air laut juga berbeda-beda kandungan garamnya. Laut yang Paling tawar ialah di timur Teluk Finlandia dan di utara Teluk Bothania, kedua laut tersebut bagian dari laut Baltik. Laut yang paling asin ialah di Laut Merah, suhu tinggi dan sirkulasi yang terbatas membuat penguapan tinggi dan sedikit masukan air dari sungai – sungai. Kandungan garam di beberapa danau dapat lebih tinggi lagi.

Air laut mempunyai kadar garam itu karena bumi dipenuhi dengan garam mineral yang terdapat di dalam batu – batuan dan tanah. Contohnya natrium, kalium, serta Kalsium, dan lain sebagainya. Jika air sungai mengalir ke lautan maka air tersebut membawa garam. Ombak laut yang memukul pantai juga menghasilkan garam yang berasal dari batu-batuan yang terhempas. Lama kelamaan air laut akan menjadi asin karena banyak mengandung garam.

Itulah sekilas tentang Pengertian dan kandungan laut lengkap, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami.

BACA JUGA :   20 Tokoh Penjelajah Samudera Dari Eropa (Portugis, Spanyol, Inggris dan Belanda)

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka