Pengertian Newsgroup

Pengertian-Newsgroup

Pengertian Newsgroup – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Newsgroup. Apa itu Newsgroup, Apa Fungsinya dan Bagaimana Cara Kerja Newsgroup. Beberapa pertanyaan tersebut akan terjawab dalam ulasan berikut ini :

Pengertian, Kategori, Fungsi, dan Cara Kerja Newsgroup

Pengertian Newsgroup

Newsgroup merupakan tempat penyimpanan yang biasanya digunakan oleh usenet dalam berbagai pesan yang dikirimkan dari banyak usernya (Penggunanya) pada lokasi yang berbeda. Istilah ini kadang membingungkan, karena kebanyakan orang menggunakan newsgroup untuk berdiskusi kelompok. Adapun aplikasi (Perangkat Lunak) yang digunakan untuk membaca Newsgroup yaitu Newsreader.

Defini lain dari Newsgroup ialah suatu aplikasi internet yang digunakan untuk saling berhubungan (berkomunikasi) satu sama lain didalam sebuah forum. Anggota Newsgroup biasanya memiliki kepentingan serta ketertarikan yang sama dalam membahas tema atau topik tertentu. Newsgroup bisa dianggap sebagai bulletin board yang dimana setiap orang dapat dengan bebas memberikan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain yang juga tergabung ke dalam kelompok tersebut.

Kategori Pengelompokkan Newsgroup

Kategori yang paling dikenal dalam news group :

  • comp, berisi diskusi dengan topik yang berhubugan dengan komputer
  • news, berisi diskusi yang digunakan mengenai usenet
  • sc i, berisi diskusi yang berhubungan dengan eaksi
  • soc, berisi diskusi yang menyangkut topik sosial
  • talk, berisi diskusi tentang persoalan yang bisa didebatkan
  • misc, berisi diskusi topik yang beragam dan tidak termask dalam topik yang tersebut diatas
  • humanities, kelompok yang berisi diskusi dengan topik yang berhubungan dengan literatur, filsafatdan lain sebagainya

Dalam newsgroup, berita-berita ini akan dikelompokan dalam beberapa kategori. Ini bertujuan untuk mempermudah pengaturan dan untuk mempermudah penyimpanan berita. Banyak kategoi yang terdapat pada news gropu, namun yang paling umum terdapat delapan kategori yang dinekal dengan sebutan The Big 8.

BACA JUGA :   Fungsi Dan Bentuk Komunikasi Beserta Penjelasannya Lengkap

Selain dari The Big 8, masih banyak ketegori lain yang mulai muncul meski yak sebesar kelompok tersebut. Seperti de (Jerman), uk (United Kingdom), fr (Perancis), cn (China) dan lain sebagainya.

Cara Kerja Newsgroup

Cara kerja news group hampir sama dengan forum diskusi namun pemakaian news group ditujukan khusus untuk para anggota atau pelanggan. Sebuah instansi atau perusahaan umumnya mempunyai sebuah server sendiri khusus untuk menampung news group mereka. Mereka juga bisa mnyewa sebuah newsgroup yang dimiliki oleh perusahaan atau instansi lain, dan instansi atau perusahaan lain juga ada yang menyewakan newsgroup mereka untuk perusahaan lain.

Fungsi Newsgroup

Untuk membaantu pengelompokan berita yang sangat berguna untuk kelompok berita tertentu.Mereka dapat saling berbagi berita atau pesan dalam newsgroup, menjadikan berita atau pesan bisa diakses oleh anggota atau pengguana dalam satu server dengan sangat mudah.

Sekian ulasan dari kami tentang Pengertian Newsgroup, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka