Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenis Kalimat Tanya Beserta Contohnya

Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenis Kalimat Tanya Beserta Contohnya

Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenis Kalimat Tanya Beserta Contohnya – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Kalimat Tanya. Apa itu Kalimat Tanya dan Apa Saja Ciri-Cirinya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Kalimat Tanya

Kalimat tanya diakhiri dengan tanda ?. Kalimat Tanya sendiri merupakan kalimat yang gagasannya berupa suatu pertanyaan yang bertujuan untuk meminta respon atau tanggapan dari seseorang dari pertanyaan yang diajukan. Tanggapan yang digunakan dapat berupa penjelasan yang panjang atau hanya berbentuk konfirmasi. Seluruh tanggapan yang didapat tergantung dengan pertanyaannya dan kondisi saat melakukan percakapan.

Ciri-Ciri Kalimat Tanya

Kalimat Tanya tentunya memiliki ciri-ciri, dimana ciri-cirinya ini yang membedakan Kalimat Tanya dengan Kalimat lainnya. Seperti yang telah dijelaskan diawal, Kalimat tanya selalu diakhiri dengan tanda baca tanya (?), hal ini merupakan salah satu ciri dari kalimat tanya. Namun Kalimat tanya memiliki ciri lainnya, dan berikut ini Ciri-Ciri kalimat tanya, yaitu :

  • Kalimat tanya pada umumnya selalu diawali dengan kata tanya yaitu 5W+1H.
  • Kalimat tanya juga sering menggunakan akhiran-kah, sebagai contoh, yaitu bagaimanakah, kapankah, apakah, berapakah, bolehkah, bisakah dan lain sebagainya.
  • Kalimat tanya hanya berupa tanggapan konfirmasi, intonasi pada akhir kalimat meningkat.
  • Kalimat tanya mengharapkan tanggapan yang jelas dan panjang intonasi pada akhir kalimat menurun.

Jenis-Jenis Kalimat Tanya

Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenis Kalimat Tanya Beserta Contohnya 2

Kalimat tanya yang sering digunakan dikehidupan sehari-hari pada dasarnya terdapat beberapa jenis antara lain, yaitu :

Kalimat Tanya Biasa

Kalimat tanya biasa ialah kalimat tanya yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Tanggapan dalam kalimat tanya ini dapat berupa konfirmasi maupun penjelasan sedang, bahkan panjang.

BACA JUGA :   Kumpulan Pantun Jenaka Terbaru 2020!

Contohnya

  • Apakah kamu dapat menjelaskan apa yang sedang terjadi sebenarnya ?
  • Bagaimana kamu bisa mengerjakan tugas matematika ?
  • Apa yang dapat kamu lakukan ?

Kalimat Tanya Konfirmasi

Kalimat tanya konfirmasi merupakan kalimat tanya yang tanggapannya hanya mengharapkan konfirmasi seperti ya atau tidak. Kalimat ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Namun kelemahan dari kalimat ini yaitu jawabannya yang singkat.

Namun biasanya kalimat ini akan dilengkapi pada pertanyaan selanjutnya oleh penanya memakai kalimat tanya yang membutuhkan tanggapan yang jelas. Kalimat tanya konfirmasi biasanya diawali dengan kata tanya seperti apa, berapa, kapan, siapa serta ditambah akhiran-kah.

Contohnya

  • Apa kamu masih ingin mengulangi perbuatan itu ?
  • Berapa harga tas ini ?
  • Berapa jumlah siswa di kelas ini ?

Kalimat Tanya Retoris

Kalimat jenis ini merupakan kalimat tanya yang tidak membutuhkan jawaban secara samar karena sang penanya telah mengetahui jawabannya. Kalimat ini sering ada dalam percakapan sehari-hari dan digunakan sebagai pertanyaan bentuk kejelasan akan suatu hal namun telah diketahui. Kalimat ini bertujuan mengejek atau menyindir seseorang. Kalimat ini biasanya kata tanyanya sering dibubuhi akhiran-kah seperti bukankah.

Contohnya

  • Apa kamu tidak mendengar perkataanku ?
  • Bukankah kamu yang telah melakukannya ?
  • Apakah kamu merasa tidak bersalah ?

Kalimat Tanya Tersamar

Kalimat tanya jenis ini merupakan kalimat tanya yang tidak disampaikan secara langsung. Kalimat ini menunjukan maksud tersendiri agar seseorang memberikan respon seperti yang ditanyakan. Dalam jenis kalimat ini maksud yang ingin ditanyakan bersifat hal terselubung yaitu seperti merayu, memohon, menolak dan sebagainya.

Contohnya

  • Apakah kita bisa melakukan hal semacam ini ?
  • Apa janjimu sudah ditepati ?
  • Apakah koruptor tidak memikirkan nasib rakyat ?

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenis Kalimat Tanya Beserta Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

BACA JUGA :   10 Contoh Pantun Pendidikan

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka