Contoh Kalimat Repetisi dalam Bahasa Indonesia

Contoh Kalimat Repetisi dalam Bahasa Indonesia

Masterpendidikan.com – Menurut Suladi (2014), repetisi atau perulangan adalah penyebutan kembali suatu unit leksikal yang sama yang telah disebut sebelumnya. Perulangan dapat berupa kata, frasa, atau klausa. Di samping itu, terdapat juga perulangan sebagian dan perulangan seluruhnya. Dalam perulangan itu, kemungkinan yang diulang adalah nomina atau verba, atau kategori kata lainnya. Artikel ini akan memberikan beberapa Contoh Kalimat Repetisi dalam Bahasa Indonesia.

Repetisi berasal dari bahasa latin, repetitio yang berarti, re: kembali, lagi dan petere: mengarahkan, sehingga arti dari kata repetisi ialah pengulangan kembali. Majas repetisi merupakan kelompok majas perulangan, bila ditinjau dari bentuknya.

Jika dilihat dari maknanya, majas repetisi digolongkan menjadi majas penegasan. Majas repetisi merupakan gaya bahasa yang mengungkapkan pengulangan kata, frasa atau klausa yang sama untuk mempertegas makna dari kalimat atau wacana.

Contoh Kalimat Repetisi dalam Bahasa Indonesia

Dengan komunikasi kita membentuk saling pengertian, menumbuhkan persahabatan, kasih sayang, menyebarkan pengetahuan, dan melestarikan peradaban. Dengan komunikasi kita juga menyuburkan perpecahan, menghidupkan permusuhan, menanamkan kebencian, merintangi kemajuan, dan menghambat pemikiran.

Contoh 2:

Kita harus kerja, kerja, dan kerja.

Contoh 3:

Kita tidak boleh melupakan jasa para pahlawan kita.

Contoh Majas Repetisi dalam Kalimat

  • Ia akan terus bekerja, bekerja dan bekerja untuk melunasi hutang keluarhanya pada rentenir.
  • Salah lagi, salah lagi dan salah lagi, kenapa sulit sekali menemukan penyelesaikan dari soal kalkulus ini sungguh membuatku gelisah.
  • Aku sudah mengingatkanmu untuk mejauh dari alkohol tapi kau tak pernah mau mendengarkanku, kau meminumnya, meminumnya, meminumnya dan meminumnya lagi sepanjang waktu, itu akan membuat kesehatanmu menurun.
BACA JUGA :   Cara Membuat Pengumuman Yang Baik Dan Benar

You May Also Like

About the Author: admin