Pengertian dan Contoh Paragraf Argumentasi

Pengertian dan Contoh Paragraf Argumentasi

Pengertian dan Contoh Paragraf Argumentasi – Paragraf argumentasi ialah gabungan dari kata “paragraph” dan “argumentasi”. Dalam bahasa Yunani ‘paragraphos’ yang berarti jenis tulisan yang memiliki tujuan dan mengandung ide atau gagasan topik. Paragraf terdiri dari kumpulan beberapa kalimat yang mengandung ide pokok.

Sementara argumentasi dalam Bahasa inggris yaitu ‘argumentation’ yang berarti alasan, penjelasan, uraian, atau pembuktian. Jadi paragraph argumentasi adalah sekumpulan kalimat yang berisi pembuktian dan pendapat penulis dengan tujuan agar pembaca yakin dengan apa yang penulis kemukakan.

Berikut ini Contoh dari Paragraf Argumentasi:

Contoh 1

Kerusakan alam adalah masalah terbesar yang dihadapi oleh umat manusia pada era modern ini. Hampir setiap harinya selalu disuguhi berita berbagai macam bencana, seperti tanah longsor, kekeringan, banjir dan kebakaran hutan. Bencana alam ini telah memakan banyak korban nyawa dan harta. Begitupun Tumbuhan dan hewan tidak berdosa pun menjadi korban. Peristiwa ini merupakan akibat pola hidup yang hampir sebagian besar manusia modern yang tidak ramah lingkungan.

Contoh 2

Dari data yang telah di dapat dari kepolisian dan rumah sakit dapat di perkirakan terdapat 70 s/d 75% kasus penyalahgunaan narkotika yang terjadi pada kelompok remaja. Dan sekitar 82% yang berasal dari tingkat ekonomi menengah ke atas serta sekitar 18% dari keluarga tidak mampu. Adapun Korban penyalahgunaan dari narkoba atau narkotika ini 68% di antaranya merupakan mereka yang berpendidikan SMP dan SMA. Dan Sementara itu, data yang di dapat dari rumah sakit menunjukkan bahwa presentase yang paling tinggi ada pada kelompok umur 16 sampai 25 tahun. Yang mana sebagian besar dari pengguna narkoba tersebut merupakan kelompok yang notabene mereka adalah generasi emas penerus bangsa.

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

Untuk lebih memahaminya, simaklah ciri-ciri dari paragraf argumentasi berikut ini:

  • Terdapat fakta yang disajikan untuk memberikan pembuktian kepada pembaca, biasanya disajikan dalam bentuk grafik, gambar, fakta berita, kutipan pendapat ahli dan lain sebagainya.
  • Menjelaskan pendapat yang dapat menyakinkan dan mempengaruhi pendengar atau pembaca.
  • Terdapat alasan berupa data, fakta dan argumen  lain yang mendukung
  • Pendapat disampaikan dengan merumuskan sebuah masalah dengan cara logis, analisis dan kritis.
  • Terdapat kalimat penutup dengan penyampaian secara universal atau dengan memberikan sebuah kesimpulan secara general dan menyeluruh terkait tentang solusi dalam penyelesaian masalah.
BACA JUGA :   Pengertian Dan Contoh Paragraf Deskriptif

Sekian Ulasan tentang Pengertian dan Contoh Paragraf Argumentasi, semoga dapat membantu dan menambah wawasan kita, terima kasih dan kembali berkunjung lagi.

 

You May Also Like

About the Author: admin