Pengertian HAM dan Pelanggarannya

Pengertian HAM dan Pelanggarannya

Masterpendidikan.comPengertian HAM dan Pelanggarannya. Jika membahas mengenai HAM atau Hak Asasi Manusia artinya kita harus terlebih dahulu mengetahui apa itu yang dimaksud dengan HAM. Macam – macam beserta faktor yang menjadi penyebab pelanggaran HAM itu sendiri. Karena sejauh ini, masih banyak orang yang belum memahami pengertian akan HAM yang saat ini sudah sering sekali terjadi pelanggaran.

Pengertian HAM

Secara umum, HAM merupakan hak dasar yang telah ada dan melekat pada seseorang sedari masih dalam kandungan yang bersifat universal dan diakui semua orang. PBB memproklamirkan Deklarasi Universal mengenai HAM pada 10 Desember 1948 dan memuat 30 pasal tentang hak dan kewajiban manusia didalamnya.

Sedangkan menurut para ahli, HAM memiliki pengertian sebagai berikut:

  • Oemar Seno Adji, mengatakan bahwa HAM merupakan hak yang ada di dalam setiap diri manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan dan hak tersebut harus dipatuhi semua orang.
  • Koentjoro Poerbopranoto, mengatakan bahwa HAM merupakan hak yang bersifat asasi, yang artinya sifatnya suci dan tak dapat dipisahkan.
  • Haar Tilar, menurutnya HAM merupakan hak – hak yang dimiliki setiap orang untuk dapat hidup seperti halnya manusia.
  • Miriam Budiarjo, berpendapat bahwa HAM adalah hak yang dimiliki setiap orang sejak terlahir ke dunia dan memiliki sifat universal tanpa adanya perbedaan kelamin, budaya, suku, agama dan ras.
  • UU No. 39 Tahun 1999, dalam pasal 1 diterangkan bahwa HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada diri manusia sebagai makhkuk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, dimana hak tersebut merupakan anugerah yang wajib dilindungi dan dihargai oleh setiap manusia.
BACA JUGA :   Pengertian, Resiko dan Penerbitan Obligasi Pemerintah Beserta Jenisnya Di Indonesia

Macam – Macam HAM

HAM juga memiliki beberapa macam yang wajib kita ketahui, seperti beberapa berikut ini:

  1. Hak Asasi Pribadi, meliputi hak untuk bebas bepergian, mengeluarkan pendapat serta memeluk agama sesuai kepercayaan masing – masing.
  2. Hak Asasi Hukum, meliputi hak untuk mendapatkan kedudukan yang sama dalam hukum, perlindungan hukum dan lainnya yang masih mengenai hukum.
  3. Hak Asasi Ekonomi, meliputi hak kebebasan untuk melakukan transaksi jual beli, utang piutang, sewa menyewa serta mendapatkan pekerjaan yang layak.
  4. Hak Asasi Peradilan, meliputi hak dalam pembelaan hukum depan pengadilan, perlakuan yang sama dalam penyelidikan, penggeladahan, penangkat serta penahan di mata hukum.
  5. Hak Asasi Politik, meliputi hak untuk mendirikan organisasi atau partai politik serta hak untuk memilih dan memilih dalam pemilihan umum.
  6. Hak Asasi Sosial Budaya, meliputi hak untuk mendapat pengajaran, pendidikan serta kebebasan untuk mengembangkan budaya yang sesuai dengan bakat dan kemampuan.

Faktor Terjadinya Pelanggaran HAM

Pelanggaran HAM bisa terjadi dengan dorongan dari beberapa faktor, misalnya seperti berikut ini:

  • Kurangnya pemahaman tentang HAM.
  • Kesenjangan ekonomi.
  • Kurangnya rasa simpati dan empati.
  • Penyalahgunaan wewenang dan kekuasaan yang dilakukan pemerintah maupun perusahaan.
  • Terjadinya diskriminasi.
  • Adanya sifat pendendam dan egois dalam diri manusianya.
  • Dan lainnya.

Contoh Pelanggaran HAM yang Terjadi di Indonesia

Ada beberapa contoh tentang pelanggaran HAM yang telah terjadi di Indonesia, seperti beberapa di bawah ini yang bisa dijadikan pelajaran agar tidak terulang kembali.

  • Peristiwa Aceh, terjadi pada tahun 1990 dan dipicu karena adanya beberapa pihak politik yang menginginkan Aceh merdeka.
  • Kasus wartawan Udin, terjadi pada tahun 1996 yang mana wartawan bernama lengkap Fuad Muhammad Syfruddin ditemukan tewas sebelum ada dugaan diculik dan dianiaya orang tak dikenal.
  • Kasus Madinah, sama seperti wartawan Udin, Madinah ditemukan meninggal secara mengenaskan sebelum adanya dugaan penculikan, penganiayaan dan pembunuhan pada tahun 1994.
BACA JUGA :   Rumus Pertumbuhan Penduduk (Alami, Migrasi, Total)

Demikian pengertian mengenai HAM atau Hak Asasi Manusia beserta pelanggarannya yang terjadi. Semoga bermanfaat dan kita lebih memahami apa itu HAM.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi