Pengertian Ide Pokok dan Cara Menentukannya

Pengertian Ide Pokok dan Cara Menentukannya

Masterpendidikan.comPengertian Ide Pokok dan Cara Menentukannya. Saat membaca suatu cerita yang terbentuk dari beberapa paragraf, pasti kamu akan menemui gagasan utama atau ide pokok. Ide pokok inilah yang merupakan topik utama dan seharusnya ada pada setiap paragraf untuk menjadi paragraf yang baik dan benar.

Ide pokok biasanya berupa kalimat utama yang selalu diikuti kalimat penjelas. Dan juga Ide pokok berfungsi sebagai topik pembahasan sedangkan kalimat penjelas merupakan penjelasan dari topik pembahasan tersebut. Jadi, apa itu ide pokok? Lalu, bagaimana cara menentukannya? Berikut penjelasan rincinya.

Pengertian Ide Pokok

Ide pokok adalah gagasan utama yang juga merupakan pokok pengembangan suatu paragraf yang terdapat pada kalimat utama. Dan kalimat utama merupakan kalimat yang mengandung ide pokok paragraf dan diikuti kalimat lainnya yang disebut kalimat penjelas.

Setiap paragraf terbagi menjadi tiga jenis berdasarkan letak ide pokoknya, yaitu deduktif, induktif dan campuran. Jika ide pokok atau gagasan utamanya berada di awal paragraf maka itu merupakan paragraf deduktif, jika berada di akhir paragraf maka disebut paragraf induktif dan jika gagasan utamanya berada di awal dan di akhir maka disebut paragraf campuran.

Ciri – Ciri Ide Pokok

Selain berfungsi untuk menjelaskan inti dari suatu cerita atau paragraf ide pokok juga bertujuan untuk membuat para pembaca lebih mudah memahami arah cerita tersebut dan akhirnya pembaca pun memahami isi cerita atau paragraf tersebut. Ide pokok juga memiliki ciri – ciri yang dapat mempermudah pembaca menemui suatu kalimat penjelas dari sebuah gagasan utama, seperti berikut:

BACA JUGA :   Jenis-Jenis Dongeng
  • Menjadi inti atau pusat pembahasan dari suatu paragraf.
  • Memiliki kalimat penjelas yang mendukung atau mengembangkan inti dari sebuah cerita atau paragraf.
  • Bisa berupa alasan ataupun penjelasan yang menguatkan inti dari paragraf.
  • Berada di kalimat utama.

Cara Menentukan Ide Pokok

Untuk menentukan suatu ide pokok pada sebuah cerita atau paragraf merupakan hal yang cukup mudah, karena hanya membutuhkan ketelitian. Dan juga bisa menggunakan beberapa cara berikut ini:

  • Membaca dengan lebih teliti, kamu bisa lebih berkonsentrasi agar membaca lebih teliti lagi untuk menemukan ide pokok pada suatu paragfar.
  • Pisahkan terlebih dahulu kalimat utama dari kalimat khusus, sebelum menentukan ide pokok kamu bisa memisahkan terlebih dahulu kalimat utama dari kalimat khusus yang biasanya memiliki rincian, contoh serta bukti khusus.
  • Buat kesimpulan dari paragraf tersebut, untuk menentukan suatu ide pokok, kamu juga bisa membaca dengan teliti untuk mmendapatkan dan membuat kesimpulan dari paragraf tersebut.

Demikian penjelasan lebih rinci mengenai Pengertian Ide Pokok dan Cara Menentukannya pada suatu paragraf. Semoga dengan ini, kita lebih mudah untuk menentukan kalimat yang merupakan ide pokok atau gagasan utama dari sebuah cerita atau paragraf. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi