7 Prinsip Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum

7 Prinsip Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum

Masterpendidikan.com – 7 Prinsip Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum – Kurikulum merupakan sebuah paket perangkat dari mata pelajaran untuk anak sekolah. Perangkat mata pelajaran tersebut untuk penyelenggara pendidikan. Yang mana perangkat mata pelajaran tersebut berisikan rancangan pembelajaran yang tepat untuk diberikan kepada siswa sekolah yang akan mendapatkan pelajaran dalam satu periode.

Dan, salah satu kurikukul yang memang sudah kita gunakan saat ini adalah KTSP. KTSP merupakan kurikulum operasional yang tersusun oleh serta terlaksana tiap- tiap satuan pembelajaran. KTSP terdiri dari tujuan pembelajaran tingkatan satuan pembelajaran, struktur serta muatan kurikulum tingkatan satuan pembelajaran, kalender pembelajaran, serta silabus.

7 Prinsip Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum

7 Prinsip Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum
7 Prinsip Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum

KTSP berkembang sesuai dengan relevansinya oleh tiap kelompok atau pun satuan pembelajaran berdasar koordinasi serta supervisi dinas pembelajaran. Ataupun, kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota buat pembelajaran dasar serta provinsi buat pembelajaran menengah.

Berikut beberapa prinsip pengembangan kurikulum :

Berpusat pada kemampuan, pertumbuhan, kebutuhan, serta kepentingan partisipan didik serta lingkungannya

Kurikulum bersumber pada prinsip atau pun siswa mempunyai posisi sentral buat meningkatkan kompetensinya. Dan juga, supaya jadi manusia yang beriman serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta jadi masyarakat negeri yang demokratis dan bertanggung jawab.

Bermacam- macam serta terpadu

Kurikulum ini mencermati keragaman ciri siswa, keadaan wilayah, jenjang serta tipe pembelajaran, dan menghargai serta tidak memilih milih terhadap perbandingan agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, serta jender.

BACA JUGA :   Download Lagu Treasure Boy Mp3

Paham terhadap pertumbuhan ilmu pengetahuan, teknologi serta seni

Kurikulum berkembang atas dasar pemahaman kalau ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berkembang secara dinamis. Oleh sebab itu, semangat serta isi kurikulum membagikan pengalaman belajar siswa buat menjajaki serta menggunakan pertumbuhan ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni.

Relevan dengan kebutuhan kehidupan

Pengembangan kurikulum dengan mengaitkan pemangku kepentingan( stakeholders) buat menjamin relevansi pembelajaran dengan kebutuhan kehidupan, tercantum dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha dan dunia kerja.

Merata serta berkesinambungan

Substansi kurikulum mencakup totalitas ukuran kompetensi, bidang kajian keilmuan serta mata pelajaran yang sudah masuk perencanaan serta tersaji secara berkesinambungan antarsemua jenjang pembelajaran.

Terus Belajar Seumur Hidup

Kurikulum mengarah kepada proses pengembangan, pembudayaan, serta pemberdayaan siswa  supaya sanggup serta ingin belajar yang berlangsung sejauh hayat. Dan juga, kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur- unsur pembelajaran resmi, nonformal, serta informal dengan mencermati keadaan serta tuntutan area yang senantiasa tumbuh dan arah pengembangan manusia seutuhnya.

Balance antara kepentingan nasional serta kepentingan daerah

Kurikulum besar dengan mencermati kepentingan nasional serta kepentingan wilayah buat membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, serta bernegara. Dan juga, kepentingan nasional serta kepentingan wilayah wajib silih mengisi serta memberdayakan sejalan dengan motto Bhineka Tunggal Ika. Dalam kerangka Negeri Kesatuan Republik Indonesia( NKRI).

You May Also Like

About the Author: yudha