Cara Menggunakan Google Form

Cara Menggunakan Google Form

Masterpendidikan.com – Mungkin kamu pernah mendengar atau bahkan pernah menggunakan salah satu layanan milik Google ini, yakni Google Form. Layanan milik Google ini biasanya para siswa ataupun mahasiswa menggunakan untuk membuat sebuah soal ulangan, kuisinoner dan lainnya. Tapi, jika kamu belum pernah dan sedang dalam kebingungan untuk mengerjakan tugas dengan memanfaatkan Google Form. Kamu bisa melanjutkan untuk membaca postingan ini. Karena kali ini, kita akan membahas pengertian, fungsi serta cara menggunakan Google Form. Berikut ulasannya.

Apa itu Google Form?

Google Form merupakan salah satu layanan milik google yang mempermudah dalam pembuatan survey, kuis, daftar hadir, kuisioner dan lain sebagainya. Layanan ini dapat kamu gunakan secara online dan kita juga dapat membagikan link yang ada pada Google Form untuk dapat diisi oleh orang lain yang kita tuju.

Dan Google Form ini dapat juga dikostumisasikan sesuai dengan kebutuhan seperti nama, tanggal lahir, hobi, alamat dan lainnya. Sehingga kamu selaku pembuat form akan lebih mudah mendapat jawaban secara langsung dan tentunya sesuai keperluan dari para audiens yang kamu izinkan mengikuti survei.

Fungsi dari Google Form

Adanya Google Form memberi kita kemudahan untuk mencari jawaban seefektif mungkin dari beberapa orang yang kamu kehendaki secara online. Dan umumnya banyak penggunaan Google Form ini oleh para guru untuk memberikan soal – soal ulangan kepada para muridnya, terlebih saat pandemi saat ini yang tentunya para pengajar akan mencari cara untuk mempermudah proses belajar mengajar secara online.

BACA JUGA :   Sifat Kimia Dan Fisika Dari Aluminium

Dengan Google Form, pengajar bisa membagikan link soal tersebut dan memeriksa jawaban melalui dashboard yang ada pada Google Docs. Sehingga file tersebut akan lebih aman dan dapat dibagikan kapanpun dan dimanapun.

Cara Menggunakan Google Form

Untuk menggunakan Google Form, kamu bisa langsung kunjungi docs.google.com dengan browser yang biasa kamu gunakan, lalu lanjutkan cara berikut ini.

  • Langkah pertama kamu klik icon garis tiga yang ada pada pojok kanan atas.
  • Kemudian pilih “Forms”.
  • Pada laman berikutnya, kamu bisa lanjutkan dengan klik “Go to Google Forms”.
  • Setelah itu akan ada beberapa pililhan template yang bisa kamu gunakan. Jika kamu tidak menemukan tempelate yang sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa juga memilih gambar “+” untuk membuat sendiri tanpa menggunakan template yang ada.
  • Kamu bisa membuat judulnya pada kolom “Untitled Form” dan deskripsi singkat namun jelas pada “Form Description”.
  • Lanjutkan dengan membuat soal pada kolom “Question” sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Jika sudah selesai, kamu bisa mengirim soal tersebut pada orang yang kamu tuju dengan menyalin link ataupun email dengan klik “send” yang ada di kanan atas dan pilih opsi berbagi form.

Itulah sedikit ulasan mengenai Google Form dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang membutuhkan.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi