Komponen Perencanaan Pembelajaran

Komponen Perencanaan Pembelajaran

Masterpendidikan.com – Penjelasan Komponen Perencanaan Pembelajaran. Penjelasan Komponen Perencanaan Pembelajaran – Belajar adalah proses yang kita lakukan dalam menuntut ilmu. Berbagai macam bentuk keilmuan dapat kita pelajar dengan belajar.

Namun, untuk dapat menyerap ilmu secara efektif kita harus memiliki metode belajar yang baik. Agar ilmu ingin kita serap cepat kita dapatkan. Setiap orang akan memiliki metode yang berbeda dalam belajarnya.

Akan tetapi, ada komponen-komponen inti yang harus kamu ikut sertakan dalam proses belajar kamu. Komponen ini akan membantu kamu menjadi jauh lebih cepat dalam memahami apa yang sedang kamu pelajari.

Komponen Perencanaan Pembelajaran

"6

Berikut ini beberapa komponen perencanaan pembelajaran yang harus kamu penuhi agar lebih mudah dalam menyerap pelajaran.

Tujuan Pembelajaran

Sebelum memulai mempelajari sesuatu, kamu harus tau tujuan dari pembelajaran itu apa. Apa yang harus kamu dapatkan dari proses belajar itu. Hal ini sangat penting, agar saat mulai belajar kamu tidak lari dari tujuan utama kamu.

Dengan begitu juga, dengan sudah kamu tetapkan tujuan. Akan lebih mudah dalam memperkirakan tercapai atau tidaknya tujuan belajar kamu.

Materi Pelajaran

Setelah menentukan tujuan pembelajaran. Selanjutnya, kamu bisa menentukan materi pelajaran apa yang ingin kamu plajari atau ajarkan. Materi pelajaran ini ber pandauan sesua dengan tujuan pembelajaran yang sudah kamu buat sebelumnya.

Isi dari pelajaran ini bertujuan untuk memenuhi tujuan dari pembelajaran yang akan kamu lakukan.

Kegiatan Pembelajaran

Sama halnya dengan materi pembelajaran. Kegiatan pembelajaran ini juga terpaku dengan tujuan pembelajaran. Kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan dalam proses pembelajaran. Dalam hal untuk mencapai tujuan belajar kamu sendiri.

BACA JUGA :   Link Ujian Ejakulasi Dini Terbaru 2020!

Metode pembelajaran

Seperti yang sudah kita sebutkan sebelumnya, dalam proses belajar kita mempunyai metode untuk dapat menyerap pelajaran itu dengan cepat. Misalnya, untuk pejaran kimia, metode praktek langsung adalah hal terbaik agar kamu bisa dengan cepat memahami suatu proses kimia. ketimbang hanya membaca materi secara full.

Sumber Pembelajaran

Mendapatkan sumber pelajaran yang kredibel juga sangat penting. Kamu harus mendapatkan sumber ilmu yang kamu inginkan sesuai dengan tempatnya. Misalnya ketika kamu ingin mendapatkan pelajaran mengenai sejarah kerajaan samudra pasai.

Tentunya kamu harus mendapatkannya melalui buku sejarah. Kamu tidak akan mendapatkan ilmu mengenai kerajaan itu dari buku fisika secara lengkap.

Evaluasi

Setelah proses belajar kamu selesai, dan semua komponen yang ada sudah kamu terapkan. Sekarng saat proses evaluasi. Proses ini adalah waktu unutk menilai apakah tujuan dari pemebelajaran itu tercapai.

Biasanya saat dalam sekolah kita akan mendapatkan ujian atau kuis. Untuk melihat sejauh mana kita dapat memahami suatu pelajaran.

You May Also Like

About the Author: yudha