Pengertian, Jenis dan Ciri dari Potensi Diri

Pengertian, Jenis dan Ciri dari Potensi Diri

Masterpendidikan.com – Pengertian, Jenis dan Ciri dari Potensi Diri. Setiap orang pastinya memiliki potensi diri, namun memerlukan kerja keras serta keberuntungan untuk dapat memanfaatkan potensi tersebut. Dan setiap orang juga dapat mengembangkan potensi diri masing – masing tergantung bagaimana individu tersebut mengatasinya. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai pengertian, jenis dan ciri dari potensi diri.

Pengertian dari Potensi Diri

Berasal dari kata serapan Bahasa Inggris yaitu “potencial” yang memiliki arti “kesanggupan, tenaga dan kekuatan, kemungkinan”. Namun menurut KBBI, potensi merupakan sebuah kemampuan serta kualitas yang dimiliki seseorang namun tidak atau belum dipergunakan secara maksimal.

Ada juga yang mengatakan jika potensi diri merupakan kempuan dan kapasitas sesorang yang masih tersimpan atau belum diaktualisasikan melalui perbuatan, perilaku maupun aksi. Yang mana kemampuan serta kapasitas tersebut dapat berada dibidang apa saja, namun kerja keras, keberuntungan dan keuletan menjadi penentu seberapa jauh potensi yang dimiliki dapat diaktualisasikan atau dimanfaatkan.

Jenis – Jenis Potensi Diri

Berdasarkan dari pernyataan Nashori (hal 89, tahun 2003), potensi diri memiliki beberapa jenis, yakni:

1. Potensi Berfikir

Sejatinya manusia memiliki akal serta pikiran yang dapat mengembangkan potensi dalam diri, karena setiap potensi yang ada pada diri juga memerlukan pembelajaran untuk menghasilkan pemikiran yang baru.

2. Potensi Fisik

Biasanya potensi ini dimiliki oleh orang – orang dengan kekuatan fisik yang tangguh serta gerakan yang efektif dan efisien. Terlebih untuk mereka yang menyukasi olahraga, potensi ini bisa dengan cepat berkembang.

BACA JUGA :   Pengertian Interaksi Sosial Dan Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

3. Potensi Emosi

Setiap orang memiliki potensi ini, karena umumnya seorang individu memiliki rasa ingin memahami dan dipahami orang lain, mencintai serta dicintai, menghargai serta dihargai dan sebagainya.

4. Potensi Sosial

Potensi ini dimiliki mereka yang mampu menyesuaikan diri serta mempengaruhi orang lain. Dan pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial, sehingga hanya individunya saja yang harus lebih mengembangkannya.

Ciri – Ciri Potensi Diri

Selain jenis, potensi diri juga memiliki ciri –ciri yang dapat dilihat dari sikap dan perilaku seseorang, seperti berikut ini:

  • Memiliki rasa tanggung jawab dan sikap yang luwes.
  • Tidak takut akan perubahan yang dilakukan untuk perbaikan.
  • Memiliki jiwa optimis, tulus serta tidak mudah putus asa.
  • Mau menerima saran serta kritik.
  • Tidak mau menyalahkan keadaan maupun orang lain.

Cara Untuk Mengembangkan Potensi Diri

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan potensi dalam diri, seperti beberapa berikut ini:

  • Melakukan Introspeksi Diri, terbuka serta jujur pada diri sendiri mampu mengukur potensi yang dimiliki, sehingga individu tersebut juga dapat mengevaluasi apa saja yang telah dilakukan, diraih dan telah dimiliki guna mengetahui kekurangan yang dapat memperlambat prestasi.
  • Menerima Feedback dari Orang Lain, pendapat sesorang juga diperlukan dalam pengembangan diri, sehingga individu tersebut dapat memperbaiki diri serta meningkatkan potensi diri.
  • Melakukan Tes Psikologi, tes ini juga berguna untuk mengukur potensi yang dimiliki seseorang, sehingga dapat mengetahui gambaran akan kelemahan dan kekuatan individu tersebut dalam berbagai aspek psikologis.

Itulah penjelasan mengenai potensi diri beserta jenis, ciri – ciri dan cara pengembangannya. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambahan informasi untuk kita semua.

BACA JUGA :   11 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi