Pengertian, Unsur, Macam dan Fungsi Seni Rupa

Pengertian, Unsur, Macam dan Fungsi Seni Rupa

Masterpendidikan.comPengertian, Unsur, Macam dan Fungsi Seni Rupa. Salah satu keragaman budaya yang ada pada negara kita adalah seni rupa. Berbagai seni rupa yang dapat kita temui saat ini dengan sentuhan artistic yang tentunya sangat indah saat kita menikmatinya dengan segala bentuk dan wujudnya.

Seni rupa zaman kini sudah mengalami banyak perubahan dan peerkembangan seiring dengan berjalannya waktu, karena seni memang tidak memiliki batasan sehingga para penciptanya bisa menumpahkan segala imajinasinya dengan segala bentuk ekspresi. Tapi, apa sebenarnya seni rupa itu? Dan apakah ada fungsi yang tersirat pada sebuah seni rupa? Berikut adalah pembahasan lebih lanjut mengenai seni rupa.

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah salah satu cabang kesenian dengan penggunaan media yang kasat mata, dapat dirasakan dan disentuh dengan indera peraba yang juga merupakan hasil karya seni seseorang dengan sentuhan ekspresi, cinta, keindahan dan lainnya seperti patung, lukisan dan kerajinan tangan dan sebagainya.

Sedangkan menurut para ahli, salah satunya Coorig Hartog yang memberikan pendapatnya mengenai seni rupa yang mana bisa diartikan sebagai suatu bentuk ekspresi dan emosi yang dapat dinikmati serta dirasakn oleh orang lain yang melihatnya.

Unsur – Unsur Seni Rupa

Selain dibuat menggunakan sentuhan imajinasi dan ekspresi, seni rupa juga memiliki unsur – unsur pembentuknya, seperti berikut:

  • Titik, diperlukan dalam memciptakan unsur lainnya dengan cara menderetkannya hingga menjadi suatu garis. Titik merupakan unsur terkecil dalam sebuah karya, bahkan dengan hanya menggunakan titik yang teratur kerapatannya dapat membuat suatu gambar.
  • Garis, sama seperti titik, garis digunakan untuk membentuk suatu unsur lainnya meskipun apa adanya seperti sketsa ataupun pengisi gelap dalam terang jika dibuat dengan cara pengarsiran.
  • Bidang, merupakan pengembangan ujung garis yang saling bertemu hingga membuat area tertutup seperti segitiga, lingkaran dan lainnya.
  • Ruang, bermanfaat utnuk memberikan kesan pada karya yang dihasilkan.
  • Warna, dengan warna yang machting dan harmonis, karya seni bisa terasa lebih hidup dan menarik untuk dinikmati.
BACA JUGA :   Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Anus

Macam – Macam Seni Rupa

Seni rupa juga memiliki jenis atau macam dengan arti yang berbeda – beda karena nilai estetika yang ada, seperti berikut ini:

Berdasarkan Fungsi

Seni rupa dibagi menjadi dua macam berdasarkan fungsinya, yaitu seni rupa murni yang merupakan karya seni yang menjadi tempat penuangan ide pembuatnya dan seni rupa terapan yang merupakan karya seni dengan tujuan membantu aktifitas manusia.

Berdasarkan Wujud

Seni rupa juga dibedakan menjadi dua macam yaitu seni rupa dua dimensi yang merupakan karya seni yang bisa dinikmati menggunakan indera penglihatan hanya dari satu arah seperti lukisan dan seni rupa tiga dimensi yang merupakan karya seni yang bisa dinikmati dari berbagai arah atau sisi seperti patung.

Berdasarkan Masa

Untuk berdasarkan masa, seni rupa dibagi menjadi tiga macam yaitu tradisional yang bersifat statis, modern yang bersifat individualis dan kontemporer yang sifatnya mengikuti perkembangan zaman.

Fungsi Seni Rupa

Seni rupa ada karena nilai estetika yang dimiliki seorang seniman hingga disukai, dinikmati dan dihargai banyak orang. Selain untul disukai, dinikmati dan dihargai, seni rupa juga memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Fungsi Individual, bertujuan untuk memuaskan diri dengan mengekspresikan segala suasana hati sang pembuat karya seni.
  • Fungsi Sosial, bertujuan untuk memberikan kepuasan pada banyak orang dengan segala keindahan yng dihasilkan dari sebuah karya seni.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, unsur, macam dan fungsi dari seni rupa. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita tentang karya seni.

BACA JUGA :   19 Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi