Potensi Negara Indonesia Sebagai Negara Agraris

Potensi Negara Indonesia Sebagai Negara Agraris

Masterpendidikan.com – Potensi Negara Indonesia Sebagai Negara Agraris. Tempat yang subur adalah modal yang paling prospektif untuk jadikan pertanian Indonesia selaku sumber pendapatan penduduknya dan penunjang ekonomi bangsa.

Tetapi sayang bidang ini masih tidak cukup memperoleh perhatian secara serius dari pemerintahan dalam pembangunan bangsa. Hal itu bisa disaksikan dimulai dari perlindungan, credit sampai peraturan yang lain tidak memberikan keuntungan untuk bidang ini.

Potensi Negara Indonesia Sebagai Negara Agraris

Potensi Negara Indonesia Sebagai Negara Agraris

Negara Pertanian

Jumlahnya program pembangunan pertanian yang tidak terukur makin menjerumuskan bidang ini pada keruntuhan. Banyak pindah peranan tempat jadi permukiman, pertokoan, perindustrian, jalan tol atau sarana-fasilitas yang lain yang menyebabkan makin sempitnya tempat untuk usahatani. Meskipun begitu bidang pertanian tetap jadi mata pencarian sejumlah besar masyarakat Indonesia, banyak tenaga kerja yang selanjutnya menekuni usahatani untuk penuhi keperluannya.

Menjadi Negara Pengekspor

Jika disaksikan dari potensi-potensi yang ada, semestinya Indonesia benar-benar sanggup untuk penuhi keperluan pangan bangsa Indonesia sendiri serta sanggup untuk mengekspor ke negara lain hingga bisa membuat negara kita semakin maju bila digunakan secara baik. Indonesia berpotensi sumberdaya alam, terhitung plasma nutfah, yang melimpah.

Memiliki Keaneka Ragaman Tanah

Keberagaman hayati yang dengan tebaran keadaan geografis berbentuk daratan rendah dan tinggi; rahmat cahaya matahari dan intesitas curahan hujan yang nyaris rata selama setahun di beberapa daerah; dan keaneka ragaman macam tanah memungkinkannya dlbudidayakannya bermacam macam tanaman dan ternak asli wilayah tropis, dan komoditas introduksi dari wilayah sub tropis secara rata selama setahun Indonesia.

BACA JUGA :   Macam-Macam Bentuk Intrusi Magma dan Ekstrusi Magma

Keaneka Ragaman Hewan

Bermacam macam dan besarnya jumlah plasma nutfah tanaman dan hewan, baik yang asli wilayah tropis atau komoditas introduksi yang telah menyesuaikan dengan cuaca tropis, di lain sisi adalah sumber materi genetik yang bisa direkayasa untuk hasilkan varietas dan klone tanaman unggul dan bangsa ternak.

Keperluan Air Yang Melimpah

Jumlah luasan dan tebaran rimba, sungai, rawa dan danau dan curahan hujan yang lumayan tinggi dan rata selama setahun sebenarnya adalah kekuatan alami untuk penuhi keperluan air pertanian Namun sebenarnya kita masih tidak cukup optimal dalam manfaatkan potensi-potensi itu untuk meningkatkan bidang pertanian.

Kesimpulan

Sesungguhnya dengan kekuatan alam yang ada dan memberikan dukungan bila dlgunakan secara baik. Semestinya Indonesia sanggup menangani bermacam kelangkaan beberapa bahan pangan dan sanggup kurangi keterikatan pemerintahan dalam mengimpor beberapa bahan pangan.potensi . Yang dlmiliki bangsa Indonesia sebagai negara agraris

You May Also Like

About the Author: yudha