Tingkat Keanekaragaman Hayati dan Contohnya

Tingkat Keanekaragaman Hayati dan Contohnya

Masterpendidikan.com– Tingkat Keanekaragaman Hayati dan Contohnya – Setiap makhluk hidup dan organisme yang menghuni bumi ini memiliki sifat, ukuran, bentuk maupun warna yang berbeda-beda. Keberagaman ciri dari makhluk hidup tersebut lantaran adanya keanekaragaman hayati atau biodiversitas.

Pengertian Keanekaragam Hayati

Keanekaragam hayati adalah keanekaragaman organisme yang menunjukan keseluruhan atau totalitas variasi.

Keanekaragaman hayati adalah meliputi keanekaragaman sumber daya hayati dari tingkat gen, spesies dan ekosistem. Demikian arti keragaman hayati menurut Convention on Biological Diversity (1993).

Dengan demikian, secara sederhana, keragaman hayati merujuk kepada berbagai jenis kehidupan biologis di bumi. Jumlah spesies tumbuhan, satwa liar, hewan, mikro organisme, keragaman genetik dalam suatu spesies. Termasuk juga keragaman ekosistem di bumi seperti padang pasir, hutan hujan, terumbu karang. Semuanya adalah bagian dari keragaman biologis bumi.

Tingkat Keanekaragaman Hayati dan Contohnya

Tingkatan keanekaragaman hayati terbagi ke dalam beberapa level, yaitu:

  1. Keanekaragaman hayati tingkat genetik.
    Keragaman hayati tingkat gen. Merupakan variasi genetik dalam satu spesies, baik di antara populasi terpisah secara geografis maupun di antara individu dalam satu populasi. Individu dalam satu populasi memiliki perbedaan genetik antara satu dengan lainnya.
  2. Tingkat ekosistem.
    Pada tingkatan ini merupakan keanekaragaman yang terjadi karena interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem terdiri dari dua komponen yaitu komponen biotik (benda-benda hidup) dan abiotic (benda-benda tak hidup).
  3. Tingkat Individu/Spesies.
    Keanekaragaman spesies mencakup seluruh spesies yang ditemukan di bumi, baik tumbuhan, satwa liar. Termasuk pula bakteri dan protista serta spesies dari kingdom bersel banyak seperti tumbuhan, jamur, hewan. Spesies dapat diartikan sebagai sekelompok individu yang menunjukkan beberapa karakteristik penting yang berbeda dibandingkan kelompok lain.
BACA JUGA :   Pengertian, Struktur, Fungsi dan Gangguan Hati

Ancaman yang Terjadi dalam Keanekaragaman Hayati

Ancamann terhadap keanekaragaman hayati dapat terjadi secara alami maupun akibat perbuatan manusia.

  1. Ancaman yang terjadi secara alami. Contoh :
    • Kepunahan biologis, terjadi ketika spesies tidak dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang baru.
  2. Ancaman yang terjadi akibat ulah manusia. Contoh :
    • Perburuan satwa
    • Penangkapan hewan secara berlebihan
    • Pembakaran/penebangan hutan.

Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin