Khalifah yang Menjabat Saat Dinasti Abbasiyah

Khalifah yang Menjabat Saat Dinasti Abbasiyah

Masterpendidikan.COM – Khalifah yang Menjabat Saat Dinasti Abbasiyah. Kamu tentunya sering mendengar dan mempelajari mengenai dinasti abbasiyah. Namun, taukah kamu khalifah yang menjabat selama dinasti abbasiyah ini berdiri.

Sebenarnya ada banyak khalifah yang sempat menjabat dinasti ini. Akan tetapi ada beberapa khalifah yang menjabat cukup lama dalam rentang waktu yang lama dan juga cukup banyak di kenal. Berikut beberapa khalifah yang sempat menjabat pada dinasti abbasiyah yang cukup lama.

Khalifah yang Menjabat Saat Dinasti Abbasiyah

"<yoastmark

Dinasti abbasiyah sendiri merupakan kekhalifaan islam yang terbesar kedua, yang mana kekhalifaan ini sangat berkuasa di baghdad.

Al-Musta’in Billah

Merupakan salah satu khalifah yang menjabat pada zaman bani abbasiyah antara pada tahun dari tahun 862 hingga 866. Lahir pada tahun 836 masehi dari orang tua yang bernama Al-Mu’tashim Billah. Al-Musta’in Billah melanjutkan tongkat kepemimpinan dari Al-Mu’tazz.

Al-Qadir Billah

Lahir pada tahun 336 H di baghdad Iraq. Al qadir billah menjabat sebagai khalifah bani abbasiyah antara pada tahun 991 sampai 1031 setelah meninggalkan Ath-Tha’i. Terkanal sebagai kafilah yang berbudi, hal in karenak jauh sebelum pelantikan sebagai khalifah, al Qadir billah sudah terkenal dengan budinya yang baik, dan juga memiliki komimtmen yang kuat terhadap perjuangan agama.

Al-Qaim Bi Amrillah

Memiliki gelar abu ja’far, Al Qaim Bi Amrillah menjabat sebagai khalifah antara pada tahun 1031 hingga tahun 1075. Lahir pada tahun 391 H atau jika kita hubungkan dengan kalender kita sekarang yaitu pada tahun 1001.

BACA JUGA :   Sejarah Singkat Kerajaan Kutai

Al Qaim Bi Amrillah merupakan anak dari Al Qadir , ia menerukan tongkat kepemimpinan khilafah di mulai pada tahun 1031. Ia wafat pada tahun 1075 di daerah baghdad Iraq.

Al-Nashir Li Dinillah

Mendapat gelar  Abu al-Abbas, dengan nama asli Al nashir Li Dinillah menjabat pada era khalifah Abbasiyah pada tahun 1180 sampai pada tahun 1225. Lahir pada tahun 6 Agustus 1158 pada daerah bagdad Iraq. Al Nashir Li Dinillah memiliki rentang waktu yang paling lama dalam menjabat sebagai pemimpin khalifah abbasuyah hingga akhir.

Demikianlah artikel yang berisikan informasi mengenai Khalifah yang memimpin Saat Dinasti Abbasiyah, semoga dapat membantu kamu yang membutuhkan informasi mengenai Bani abbasiyah.

You May Also Like

About the Author: yudha