Categories: Sejarah

Kehidupan Masyarakat Indonesia Di Zaman Prasejarah

Kehidupan Masyarakat Indonesia Di Zaman Prasejarah – Pada artikel kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang Kehidupan Masyarakat Indonesia Di Zaman Prasejarah. Dalam artikel ini berisi tentang kehidupan ekonomi, budaya dan sosial di masyarakkat pada zaman prasejarah.

A. KEHIDUPAN EKONOMI

1. Nomaden dan Food gathering

Pada masa prasejarah, kehidupan ekonomi manusia Indonesia sangat tergantung dari hasil alam yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka. Mereka tinggal di gua-gua yang berada dekat dengan sumber air supaya memudahkan mereka untuk mengumpulkan makanan. Apabila mereka merasa sumber daya alam yang terdapat di tempat tersebut dapat dijadikan makanan dan sudah habis, maka mereka akan berpindah ke tempat lain untuk mencari tempat tinggal baru yang memiliki sumber daya yang masih banyak.

2. Masa bercocok tanam

Manusia pada masa ini sudah mampu mengolah lahan-lahan kosong untuk ditanami berbagai macam bahan makanan. Mereka tidak lagi bergantung sepenuhnya yang disediakan oleh alam. Mereka juga telah hidup dengan menetap.

3. Zaman logam

Pada zaman ini, orang – orang di Indonesia bukan hanya mengolah untuk memenuhi kebutuhan primer atau pokok mereka saja, namun mereka sudah mulai untuk memenuhi kebutuhan sekunder. Mereka juga mulai membangun perkampungan – perkampungan untuk memudahkan hubungan komunikasi antar mereka.

B. KEHIDUPAN BUDAYA

1. Nomaden dan Food gathering

Manusia pada masa ini masih membuat alat yang sangat sederhana tanpa memperindah alat tersebut. Dalam segi kepercayaan, manusia Indonesia telah percaya pada roh nenek moyang dan pohon-pohon tinggi disekitar, hal ini dibuktikan dari lukisan-lukisan yang di temukan di gua yang dilukis oleh manusia pra sejarah Indonesia. Mereka juga hanya mengenal seni lukis dengan gua sebagai media lukisnya.

2. Masa bercocok tanam

Pada masa ini alat – alat yang dihasilkan manusia Indonesia telah berkembang. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan mereka yang semakin bertambah. Dalam dunia kesenian, manusia Indonesia telah mengenal seni membuat kerajinan tangan baik itu dari kulit kerang, perhiasan, dan lain sebagainya. Dalam segi kepercayaan, masih sama dengan sebelumnya, akan tetapi telah ada berbagai upacara-upacara keagamaan.

3. Zaman Logam

Pada masa ini alat – alat yang dihasilkan telah sangat berkembang. Mereka juga telah menggunakan teknologi untuk membuat alat logam seperti kapak perunggu, kapak corong, dan lain sebagainya. Dalam dunia kesenian, semua kesenian telah berkembang, contohnya seni lukis, seni pahat, dan seni ukir. Dalam segi kepercayaan, manusia Indonesia masih menganut kepercayaan yang sama namun mereka menggunakan alat-alat dari logam untuk menunjang upacara keagamaan.

C. KEHIDUPAN SOSIAL

1. Nomaden dan Food gathering

Pada masa ini masyarakat Indonesia masih tinggal dalam suatu populasi yang kecil. Mereka saling berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang sederhana

2. Masa bercocok tanam

Pada masa ini manusia Indonesia telah membuat tempat tinggal berdasarkan kelompok-kelompok saat bercocok tanam. Mereka membuat perkampungan-perkampungan sehingga komunikasi mereka lebih luas.

3. Zaman logam

Pada masa ini manusia Indonesia telah sangat berkembang. Mereka bertempat tinggal bukan hanya dengan satu golongan namun telah bergabung dengan berbagai macam golongan. Pada masa ini mereka telah mengenal adanya pembagia status dalam kehidupan masyarakat.

Itulah sekilas tentang Kehidupan Masyarakat Indonesia Di Zaman Prasejarah, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami.

Baca Juga >>>

Estriana Fiwka

Recent Posts

Yuk Intip Cara Kerja Panel Surya Milik Perusahaan Solar Panel di Indonesia, Sun Energy

MasterPendidikan.com - Sebagian besar orang mungkin masih awam dengan panel surya. Bagaimana cara kerja dan…

1 tahun ago

Beberapa Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Restore Chat

MasterPendidikan.com - Panduan kami ini akan membahas tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup…

1 tahun ago

Jangan Sampai Salah Pilih! Begini Cara Memilih Perusahaan Renewable Energy Indonesia yang Terbaik

Masterpendidikan.com - Meningkatnya kebutuhan energi listrik membuat biaya untuk tagihan listrik konvensional semakin membesar. Sebagai…

1 tahun ago

Cara Membuat Banyak Link Pada Profil Instagram

Masterpendidikan.com - Cara Membuat Banyak Link Pada Profil Instagram. Apakah kamu berjualan online di Instagram,…

1 tahun ago

5 Cara Tepat Merawat Rem Mobil Menurut Otoklix

MasterPendidikan.com - Rem mobil menjadi komponen mobil yang penting untuk diperhatikan. Rem adalah fitur keselamatan…

1 tahun ago

Aplikasi Kwitansi Terbaik

MasterPendidikan.com - Umumnya kita menggunakan kwitansi sebagai alat bukti pembayaran ataupun penerimaan sejumlah uang dan…

1 tahun ago