Sejarah

Hak Oktroi Pada VOC dan Contohnya

Hak Oktroi Pada VOC dan Contohnya – Pada zaman penjajahan belanda. Voc memiliki hak istimewa yang kita kenal dengan nama hak oktroi. Hak ini memungkinkan voc untuk bertinda semena-mena dalam banyak aspek. Hak istimewa ini diberikan pemerintahan belanda kepada voc.

Tujuannya sudah jelas. Untuk memperkuat posisi pemerintahan belanda dalam berbagai macam sektor. Voc merupakan suatu perusahaan hindia belanda ataupun kongsi dagang. Yang beridir pada 20 merat 1602 dengan nama resmi persatuan perusahaan hindia timur.

Berikut beberapa hak oktroi yang pemerintahan belanda berikan kepada voc secara khusus.

Hak Oktroi Pada VOC dan Contohnya

Hak Oktroi Pada VOC dan Contohnya

Ha istimewa yang khusus untuk voc ini memang berperan dalam banyak sector. Tujuannya adalah agar pemerintahan belanda semakin mengusai dan mudah dalam mengambil kekayaan indonesia.

Kebebasan dan hak dalam memonopoli perdagangan.

Dari point ini sudah jelas bahwa pemerintahan hindia belanda ingin mengusai sektor perdangan yang ada pada indonesia. Dan juga untuk mengusai rempah-rempah yang ada pada banyak sektor daerah indonesia.

Membentuk Angkatan Perang

Hak yang satu ini berguna untuk mempertahankan posisi pemerintahan belanda pada indonesia. Hak ini memungkinkan voc dapat membentuk angatan perang udara, darat maupun laut.

Mencetak Maupun Mengeluarkan Mata Uang

VOC memiliki rencana buat mencetak serta menghasilkan mata uang baru . Hak ini bertujuan supaya proses dominasi perdagangan berjalan dengan mudah serta tidak menimbulkan perseteruan. VOC secara tidak langsung menolong Pemerintah Belanda dari zona ekonomi.

Mengadakan Perjanjian dengan Raja

VOC juga mendapatkan hak untuk dapat membuat perjanjian dengan raja-raja yang ada pada nusantara. Hal ini akan memudahkannya dalam proses negoisasi

Memerintah Indonesia

Bahkan voc saat itu mendapatkan hak untuk mendirikan pemerintahan pada nusantara, Tujuannya agar dapat dengan lebih mudah melakukan monopoli pada Indonesia melalui sektor apapun.

Ekspansi Benteng

Pemerintah Belanda kala itu lagi berperang melawan Portugis yang berada pada daerah Ambon. Daerah tersebut ialah posisi lumayan strategis buat mendukung pemerintahan, sehingga Belanda berupaya mengusir bangsa Portugis. Belanda juga membangun benteng yang diketahui bagaikan Benteng Victoria.

Menetukan Perang atau Damai

VOC berhak mengambil keputusan buat berperang ataupun berdamai demi memahami daerah Nusantara serta mengusir penjajah dari negeri lain. Mereka hendak membuat negosiasi dengan sesuatu kerajaan serta negeri penjajah.

Mengangkat Pegawai dan Menghentikannya

VOC mempunyai banyak pegawai yang bekerja untuk menggapai tujuan VOC. VOC berhak buat mengangkut serta menghentikan pegawai bila kinerjanya dikira kurang memuaskan.

yudha

Recent Posts

Yuk Intip Cara Kerja Panel Surya Milik Perusahaan Solar Panel di Indonesia, Sun Energy

MasterPendidikan.com - Sebagian besar orang mungkin masih awam dengan panel surya. Bagaimana cara kerja dan…

1 tahun ago

Beberapa Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Restore Chat

MasterPendidikan.com - Panduan kami ini akan membahas tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup…

1 tahun ago

Jangan Sampai Salah Pilih! Begini Cara Memilih Perusahaan Renewable Energy Indonesia yang Terbaik

Masterpendidikan.com - Meningkatnya kebutuhan energi listrik membuat biaya untuk tagihan listrik konvensional semakin membesar. Sebagai…

1 tahun ago

Cara Membuat Banyak Link Pada Profil Instagram

Masterpendidikan.com - Cara Membuat Banyak Link Pada Profil Instagram. Apakah kamu berjualan online di Instagram,…

1 tahun ago

5 Cara Tepat Merawat Rem Mobil Menurut Otoklix

MasterPendidikan.com - Rem mobil menjadi komponen mobil yang penting untuk diperhatikan. Rem adalah fitur keselamatan…

1 tahun ago

Aplikasi Kwitansi Terbaik

MasterPendidikan.com - Umumnya kita menggunakan kwitansi sebagai alat bukti pembayaran ataupun penerimaan sejumlah uang dan…

1 tahun ago