PKN

Manfaat UUD 1945 Bagi Bangsa Indonesia

Masterpendidian.com – Manfaat UUD 1945 Bagi Bangsa Indonesia. Seperti yang kita ketahui, undang-undang 1945 merupakan sebuah landasan atau dasar peraturan dan hukum yang ada di Indonesia. Penerapan peraturan dan hukum yang ada, berkiblat pada UUD 1945 yang sudah lama di tulis para tokoh-tokoh kita. Namun, tahukah kamu selain hal tersebut ada banyak manfaat UUD1945 bagi bangsa Indonesia.

Manfaat UUD 1945 Bagi Bangsa Indonesia

Ada banyak manfaat dari penerapan Undang-undang 1945 ini ini. Untuk itu, kali ini masterpendidikan akan menjelaskan beberapa fungsi dan manfaat uud 1945 bagi negara.

Menjadi alat pemersatu bangsa.

Seperti yang kita ketahui, UUD 1945 adalah salah satu hasil dari penerapan piagam jakarta. Yang mana tujuan awal piagam jakarta adalah mempersatukan pemikiran dari pihak negarawan dan agamais.

Jadi hal itu juga berlaku pada UUD 1945 yang memang dibuat berdasarkan hasil dari penerapan piagam jakarta sebelumnya.

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Selain untuk mempersatukan pemikiran banyak pihak untuk persatuan, UUD 1945 juga memiliki fungsi sebagai alat mencerdaskan kehidupan bangsa.

Terjaminnya hak asasi sebagai warga negara.

UUD 1945 yang sebagai dasar hukum dan peraturan yang ada di Indonesia menjamin semua rakyat nya mendapatkan hak nya sebagai warga Indonesia.

Melindungi segenap bangsa Indonesia.

Selain menjamin semua warga nya mendapatkan hak mereka masing-masing, UUD 1945 juga  menciptakan peraturan dan hukum yang akan melindungi ke seluruhan warga indonesia, baik di dalam maupun di luar negri.

Mengarahkan warga negara Indonesia kepada kehidupan yang tertib dan damai

Setelah melindungi semua rakyat indonesia, UUD 1945 juga memiliki manfaat memastikan setiap rakyatnya menjalani kehidupan yang tertib dan damai, Yang mana hal ini nantinya akan menciptakan kehidupan yang sejahtera pada akhirnya.

Melaksanakan penegakkan kedaulatan negara

Selain berfungsi untuk bangsa Indonesia sendiri, UUD1945 juga memiliki manfaat untuk negara Indonesia sendiri. Undang-undang dasar 1945 juga memiliki manfaat atau mempunyai tugas untuk selalu menjaga kedaulatan negara indoensia.

Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat undang-undang sadar 1945 bagi Bangsa Indonesia dan negara Indonesia sendiri. Karena memang semua peraturan dan hukum yang ada di Indonesia dibuat berlandaskan pada UUD1945.

Demikianlah artikel mengenai Manfaat UUD 1945 Bagi Bangsa Indonesia, semoga dengan membaca artikel ini dapat membuat kamu mengetahui manfaat UUD 1945 bagi bangsa Indonesia sendiri.

yudha

Recent Posts

Yuk Intip Cara Kerja Panel Surya Milik Perusahaan Solar Panel di Indonesia, Sun Energy

MasterPendidikan.com - Sebagian besar orang mungkin masih awam dengan panel surya. Bagaimana cara kerja dan…

1 tahun ago

Beberapa Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Restore Chat

MasterPendidikan.com - Panduan kami ini akan membahas tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup…

1 tahun ago

Jangan Sampai Salah Pilih! Begini Cara Memilih Perusahaan Renewable Energy Indonesia yang Terbaik

Masterpendidikan.com - Meningkatnya kebutuhan energi listrik membuat biaya untuk tagihan listrik konvensional semakin membesar. Sebagai…

1 tahun ago

Cara Membuat Banyak Link Pada Profil Instagram

Masterpendidikan.com - Cara Membuat Banyak Link Pada Profil Instagram. Apakah kamu berjualan online di Instagram,…

1 tahun ago

5 Cara Tepat Merawat Rem Mobil Menurut Otoklix

MasterPendidikan.com - Rem mobil menjadi komponen mobil yang penting untuk diperhatikan. Rem adalah fitur keselamatan…

1 tahun ago

Aplikasi Kwitansi Terbaik

MasterPendidikan.com - Umumnya kita menggunakan kwitansi sebagai alat bukti pembayaran ataupun penerimaan sejumlah uang dan…

1 tahun ago