Categories: Biologi

Pengertian, Macam dan Contoh Bioteknologi

Pengertian, Macam dan Contoh Bioteknologi – Perkembangan dalam ilmu pengetahuan saat ini berkembang dengan sangat pesat, salah satunya ialah tentang bioteknologi. bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari sangat gencar untuk dilakukan. Pemanfaataan teknologi yang berkaitan dengan mikroorganisme tidak hanya berlangsung dengan cara konvensional akan tetapi dalam menggunakan peralatan modern yang canggih guna menghasilkan produk yang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan hidup yang tidak terbatas. Kali ini kita akan membahas tentang bioteknologi dan jenis berikut contoh penerapannya.

Pengertian Bioteknologi

Secara bahasa, bioteknologi terdiri dari dua kata yakni bio yang artinya hidup dan teknologi yang artinya ilmu terapan. Dengan begitu pengertian bioteknologi ialah suatu ilmu terapan atau suatu teknologi yang menggunakan atau memanfaatkan makhluk hidup sebagai bagian utama dalam pembuatan produk, baik produk tersebut dalam bentuk barang atau jasa yang berguna untuk kehidupan manusia.

Sama dengan pengertian tersebut, menurut Wikipedia bioteknologi ialah sebagai salah satu cabang ilmu biologi yang memperlajari mengenai pemanfaatan makhluk hidup, seperi jamur, virus, baikteri dan lian sebagainya, atau produk yang dihasilkan dari makhluk hiudp sendiri, seperti enzim atau alkohol dalam kegiatan produksi barang atau jaksa kebutuhan manusia.

Dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya kita sudah akrab dengan penggunaan teknologi ini. Seperti pada tempe, oncom, keju, yogurt, tape, kecap dan lain sebagainya ialah beberapa contoh penerapan teknologi ini dalam bentuk tradisional yang sangat sering kita temui selama ini. Selain contoh tersebut, ternyata banyak sekali contoh penerapan teknologi ini yang mungkin saja belum kita ketahui. Contoh-contoh selanjutnya dalam penerapan teknologi ini akan dibagi dalam dua macam, yakni bioteknologi konvensional atau tradisional dan penerapan bioteknologi modern.

Bioteknologi Konvensional berikut contohnya

Bioteknologi tradisional atau bioteknologi konvensional ialah suatu penerapan bioteknologi yang sudah digunakan sejak ilmu pengetahuan masih belum berkembang dengan pesat, penggunaannya yang masuh terbatas hanya pada peran organisme dengan teknik fermentasi yang terjadi dalam skala kecil serta prosesnya sangat sederhana. beberapa contoh dari penerapan teknologi ini bisa kita temui dalam proses pembuatan bahan pangan yang menerapkan teknologi fermentasi, seperti pada pembuatan kecap, tempe, anggur, oncom, tauco dan lainnya.

Bioteknologi Modern berikut contohnya

Pada bioteknologi konvensional atau tradisional, alat dan cara kerja yang digunakan masih sangat sederhana, sedangkan pada bioteknologi modern dianggap sebagai suatu terobosan baru dalam perkembangan ilmi biologi. Teknologi ini ialah penerapan bioteknologi yang sudah menggunakan alat serta cara kerja yang canggih, dilakukan dalam situasi bersih dan steril, kualitas sebuah produk yang baik serta kualitas dari hasil produk yang dibuat lebih banyak.

Dalam teknologi jenis inim penerapannya tidak hanya mengandalkan krja mikroba dengan fermentasi, melainkan sudah bermain dengan manipulasi pada susunan genetis mikroba yang digunakan, seperti melalui penyusupan gten. Beberapa contoh dari penerapan teknologi antara lain ialah pemuliaan tanaman dengan rekayasa transgenik, kultur jaringan, dalam produksi obat-obatan antibiotik serta lain sebagainya.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Macam dan Contoh Bioteknologi, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

Estriana Fiwka

Recent Posts

Yuk Intip Cara Kerja Panel Surya Milik Perusahaan Solar Panel di Indonesia, Sun Energy

MasterPendidikan.com - Sebagian besar orang mungkin masih awam dengan panel surya. Bagaimana cara kerja dan…

1 tahun ago

Beberapa Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Restore Chat

MasterPendidikan.com - Panduan kami ini akan membahas tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup…

1 tahun ago

Jangan Sampai Salah Pilih! Begini Cara Memilih Perusahaan Renewable Energy Indonesia yang Terbaik

Masterpendidikan.com - Meningkatnya kebutuhan energi listrik membuat biaya untuk tagihan listrik konvensional semakin membesar. Sebagai…

1 tahun ago

Cara Membuat Banyak Link Pada Profil Instagram

Masterpendidikan.com - Cara Membuat Banyak Link Pada Profil Instagram. Apakah kamu berjualan online di Instagram,…

1 tahun ago

5 Cara Tepat Merawat Rem Mobil Menurut Otoklix

MasterPendidikan.com - Rem mobil menjadi komponen mobil yang penting untuk diperhatikan. Rem adalah fitur keselamatan…

1 tahun ago

Aplikasi Kwitansi Terbaik

MasterPendidikan.com - Umumnya kita menggunakan kwitansi sebagai alat bukti pembayaran ataupun penerimaan sejumlah uang dan…

1 tahun ago