Pengertian Biogas, Cara Pembuatan Biogas dan Kegunaanya

Pengertian Biogas, Cara Pembuatan Biogas dan Kegunaanya

Pengertian Biogas, Cara Pembuatan Biogas dan Kegunaanya – Biogas ialah suatu gas yang dihasilkan dari proses fermentasi atau anaerobil yang berasal dari bahan-bahan organik seperti kotaran hewan, kotoran manusia dan limbah rumah tangga. Bahan yang paling dibutuhkan untuk membuat gas ini ialah metana dan karbon dioksida yang terdapat dalam bahan organik.

Pengertian Biogas, Cara Pembuatan Biogas dan Kegunaanya

Manfaat Biogas

Berikut ini ialah beberapa manfaat dari biogas:

1. Dapat mengurangi penggunaan gas LPG, ini karena gas metana yang terkandung dalam biogas bisa digunakan sebagai pembakaran seperti yang terdapat dalam gas LPG.

2. Lingkungan akan lebih bersih dan indah karena dengan mengembangkan biogas maka kita akan memanfaatkan limbah dan kotoran untuk dijadikan bahan pembuat biogas.

3. Menghemat biaya oprasional rumah tangga, dengan kita mengganti bahan bakar gas dan minyak yang relatif mahal dengan menggunakan biogas.

4. Limbah digester dari biogas bisa kita manfaatkan sebagai pupuk organik, baik tiu yang berupa cairan ataupun padat yang dapat dimanfaatkan dalam pertanian.

5. Dapat berkontribusi dalam menurunkan emisi gas rumah kaca, pengurangan emisi terjadi karena kurangnya pemakaian bahan bakar minyak dan kayu.

6. Dapat menjadi bahan bakar alternatif yang bisa menghasilkan listrik untuk menggantikan penggunaan solar. Dengan biogas kita dapat menghasilkan 6000 watt per jam dengan menggunakan sekitar 1 meter kubik biogas.

7. Dapat mengurangi kadar asap dan kadar karbon dioksida di udara.

Cara Membuat Biogas

1. cara membuat biogas dari enceng gondok

Enceng gondok ialah salah satu jenis tanaman yang banyak mengendung selulosa dan selulosa ini yang akan digunakan untuk bahan bakar alternatif. Tumbok halus atau rajang enceng gondok lalu tambahkan air bersih, selanjutnya masukan enceng gondok ke dalam lubang tabung fermentasi 20kg kemudian campur enceng gondok tersebut dengan 20 kilo liter air, lalu aduk sampai rata dan dapat menghasilkan gasyang dapat dipakai selama satu minggu. Setiap hari dapat digunakan dalam waktu 30 menit. enceng gondok seberat 30kg yang sudah di potong-potong halus akan dapat menghasilkan gas yang bisa digunakan selama satu minggu dan 90 menit setiap harinya.

BACA JUGA :   Pengertian, Ciri, Struktur Tubuh dan Klasifikasi Annelida

2. Cara membuat biogas dari kotoran organik

Kotoran organik harud dicampur dengan air bersih, umumnya perbandingan antara air dan kotoran ialah 1:1 atau dapat memakai perbandingan 1:1,5. Suhu yang berlangsung selama proses antara 27 samapai 28 derajad celcius.

3. Cara membuat biogas dari bahan sampah

Sampah yang digunakan dapat diambil dari sisa sampah pasar atau sayuran yang sudah tiadak terpakai seperti sawi, kangkung, bayam dan lainnya. Sampah-sampah itu ialah sumber penting dalam membuat biogas. Caranay sama dengan pombuatan biogas laind negan mencampurkan air dengan sampah sayuran tersebut dan mengaduknya hingga menghasiolkan gas.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Biogas, Cara Pembuatan Biogas dan Kegunaanya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka