Bahasa Indonesia

Apa Saja Ciri Teks Prosedur dan Strukturnya

Masterpendidikan.com – Apa Saja Ciri Teks Prosedur dan Strukturnya. Pernah kah kamu melihat sebuah teks yang menjelaskan sebuah proses atau teks cara melakukan sesuatu? Hal itu merupakan sebuah teks prosedur, teks prosedur merupakan sebuah tulisan yang berisikan penjelasan mengenai langkah-langkah atau tata cara melakukan sesuatu sesuai dengan urutannya, hingga penjelasan tersebut dan pembaca mengetahui hasil akhir dari tulisan tersebut.

Apa Saja Ciri Teks Prosedur?

Ciri Teks Prosedur dan Strukturnya

Penggunaan teks jenis ini biasanya sering orang gunakan dalam penulisan sebuah artikel dengan judul langkah-langkah, atau cara, atau sebuah artikel tutorial, atau pun tips-tips. Selain itu, tulisan jenis ini juga banyak di gunakan para penulis pada banyak media. Misalnya, artikel online, artikel majalah, isi dari sebuah buku, famplet, hingga spanduk.

Tulisan dengan ciri seperti ini bertujuan untuk membuat para pembaca dengan mudah mengerti cara atau langkah-langkah yang sudah ada penjelasanya dalam artikel tersebut. Sesuai dengan prosedurnya.

Struktur Dari Teks Prosedur

Sebuah artikel yang benar memiliki struktur yang baik. Dengan struktur yang baik akan memudahkan para pembaca dalam memahami arti dari tulisan tersebut hingga akhir.

Memiliki Judul Yang Jelas

Judul merupakan kalimat pertama yang akan di lihat oleh calon pembaca tulisan. Untuk itum judul harus dapat memberikan gambaran yang jelas  terhadap sebuah tulisan. Jadi para pembaca tidak akan menjadi membeli kucing dalam karung.

Awalan Pengantar

Biasanya pada awalan sebuah teks tidak langsung menjelas point inti dari sebuah tulisan. Akan ada sebuah kata pengantar, yang memberi tahu point-point yang akan di jelaskan dalam tulisan tersebut.  Hal itu, akan membuat pembaca semakin yakin dengan teks tersebut.

Penjelasan Mengenai Peralatan

Biasanya dalam sebuah teks prosedural pada awalan penulis akan menjelaskan alat-alat dan bahan yang akan di gunakan dalam artikel tersebut. Jadi pembaca akan mengetahui apakah mereka sudah memiliki peralatannya atau belum sebelum mulai membaca lebih jauh.

Isi dan Tahapan Tulisan

Dan yang terakhir baru masuk ke inti dari tulisan, yaitu prosedur dari langkah-langkah atau cara yang akan kamu buat. Pada tulisan ini kamu akan membuat sebuah step-step prosedur dari hal yang akan kamu jelaskan hingga selesai.

Demikianlah artikel yang berisikan informasi mengenai Apa Saja Ciri Teks Prosedur dan Strukturnya, semoga dapat membantu kamu yang membutuhkan.

yudha

Recent Posts

Yuk Intip Cara Kerja Panel Surya Milik Perusahaan Solar Panel di Indonesia, Sun Energy

MasterPendidikan.com - Sebagian besar orang mungkin masih awam dengan panel surya. Bagaimana cara kerja dan…

1 tahun ago

Beberapa Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Restore Chat

MasterPendidikan.com - Panduan kami ini akan membahas tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup…

1 tahun ago

Jangan Sampai Salah Pilih! Begini Cara Memilih Perusahaan Renewable Energy Indonesia yang Terbaik

Masterpendidikan.com - Meningkatnya kebutuhan energi listrik membuat biaya untuk tagihan listrik konvensional semakin membesar. Sebagai…

1 tahun ago

Cara Membuat Banyak Link Pada Profil Instagram

Masterpendidikan.com - Cara Membuat Banyak Link Pada Profil Instagram. Apakah kamu berjualan online di Instagram,…

1 tahun ago

5 Cara Tepat Merawat Rem Mobil Menurut Otoklix

MasterPendidikan.com - Rem mobil menjadi komponen mobil yang penting untuk diperhatikan. Rem adalah fitur keselamatan…

1 tahun ago

Aplikasi Kwitansi Terbaik

MasterPendidikan.com - Umumnya kita menggunakan kwitansi sebagai alat bukti pembayaran ataupun penerimaan sejumlah uang dan…

1 tahun ago